Beranda Kepulauan Riau Anambas Uang Koin Tak Bernilai di KKA

Uang Koin Tak Bernilai di KKA

57
0

Anambas, GK.com – Salah satu ciri khas unik berbelanja di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) yakni tidak semua uang koin bisa digunakan sebagai alat tukar. Rata-rata banyak Toko hanya mau menerima pembayaran dengan menggunakan uang kertas.

Salah satu pemilik Kedai Kelontong di daerah Tarempa, yang tidak ingin disebutkan namanya saat ditemui oleh Awak Media ini menjelaskan bahwa kedai miliknya sudah lama tidak menerima uang koin sebagai kembalian maupun pembayaran.

“Disini memang sudah lama uang koin kurang laku, kembalian disini pun tidak lagi pakai uang koin seribu, jika tidak salah sekitar tahun 2009 orang sudah tak pakai uang koin lagi disini,” ujar Pemilik Kedai, pada Minggu (07/02).

Sementara itu, salah satu pemilik Toko Sembako lainnya, kepada Awak Media ini mengatakan kalau di tempatnya masih mau menerima uang koin sebagai alat transaksi, meskipun rata-rata Kedai maupun Toko di Anambas sudah jarang ada yang mau menggunakan uang koin, tapi jika ada yang berbelanja ditoko miliknya, Dirinya tetap akan menerima.

“Tetap saya terima, kebetulan saya juga sering berangkat ke Tanjungpinang, kemudian uang koin itu saya tukarkan ke Supermarket yang ada disana, sebab disana banyak Supermarket yang mengincar uang-uang koin, meskipun disini tidak,” ungkapnya.

Dikesempatan yang berbeda, Pimpinan Seksi Pelayanan Bank Riau Kepri Cabang Anambas, Elvianto kepada Awak Media ini menjelaskan bahwa, Bank Riau masih menerima penukaran uang koin di Anambas.

“Untuk penukaran uang koin kami masih menerima, mulai dari uang Koin bernilai Rp 100,- sampai uang koin bernilai Rp 1.000,-. Dan sebaiknya jika ada wisatawan yang ingin berkunjung ke KKA, jika memiliki uang koin yang cukup banyak bisa menukarkan uang tersebut sebelum menggunakannya”. tutur Elvianto. (FR).

Editor : Dina