Beranda Kepulauan Riau Karimun Eks Buruh Migran Alih Profesi Jadi Petani

Eks Buruh Migran Alih Profesi Jadi Petani

144
0
Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun, Sukrianto.

Karimun, GK.com – Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun memproyeksikan jumlah petani terus meningkat di tengah situasi Pandemi Covid-19, hal tersebut dipicu dari banyaknya para pekerja atau Buruh Migran yang terkena dampak dari Covid-19.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun, Sukrianto mengungkapkan bahwa, pemutusan kerja serta sulitnya akses keluar masuk antar Negara membuat para Buruh beralih profesi menjadi Petani.

“Masa pandemi ini memang kebanyakan para Buruh yang dahulunya pernah bekerja di Negara Jiran (Malaysia-Singapore) saat ini sulit untuk masuk dan beralih menjadi Petani,” jelasnya kepada Media ini, Selasa (29/12) siang, di Ruang Kerjanya.

“Untuk data sementara, jumlah Petani yang baru bergabung ada sekitar 200 hingga 300 Petani, dan itu tersebar di seluruh Karimun seperti di Kundur, dan di pulau lainnya,” lanjut Sukrianto.

Ia mengatakan, untuk mengakomodir para Petani yang baru bergabung, pihaknya akan memberikan pemahaman serta penyuluhan terkait kinerja dan sistem pengelolahan kepada para Petani baru tersebut.

“Kalau dari pihak kami sendiri, untuk para Petani yang baru bergabung ini kita adakan penyuluhan dan pemahaman mendasar terkait seperti apa cara kinerja dan sistem pengolahan para Petani yang ada,” terangnya.

Sementara itu, jumlah Petani yang terdaftar di Kabupaten Karimun ada sebanyak 4.950 orang, yang terdiri dari 350 kelompok yang tersebar merata.

“Tiap kelompok memang di isi sekitar 10 atau 15 orang dan kebanyakan para Petani sayuran dan sebagainya”. pungkasnya. (RC).

Editor : Febri