Beranda Politik Hasil Pleno KPU, Arah Unggul Pada Pilkada Karimun 2020

Hasil Pleno KPU, Arah Unggul Pada Pilkada Karimun 2020

504
0

Karimun, GK.com – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Karimun nomor urut 01 Aunur Rafiq – Anwar Hasyim, memperoleh suara terbanyak pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karimun 2020.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko, usai melaksanakan rapat mengatakan bahwa, berdasarkan hasil Rapat Pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Pasangan berjargonkan ARAH  mendulang 54.519 suara, sedangkan pasangan BERSINAR berhasil meraup suara sebesar 54.433 suara.

“Dengan jumlah suara sah sebanyak 108.952 suara dan suara tidak sah ada sebanyak 4.672 suara,” ujar Eko, Rabu, (16/12) Malam di Hotel Aston Karimun.

Eko juga menuturkan bahwa, pada tahapan proses Pilkada Karimun ini terdapat penolakan dari Paslon nomor urut 02 pada saat penandatanganan.

“Kalau untuk proses Pilkada ini berjalan dengan lancar, cuman ada sanggahan dari Paslon 02 pada saat penandatanganan. Permasalahannya karena perbedaan suara saja,” tuturnya.

Dijelaskannya saat itu, untuk tingkat partisipasi masyarakat pada Pilkada ini cukup tinggi, yaitu di angka 67 persen, dan kalau untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) tidak ada celah lagi untuk dilakukan.

“Karena batas untuk PSU kemarin sudah habis waktunya, jadi kalau pun ada, itu tergantung dari wewenang pihak Bawaslu nanti pada saat di Makamah Konstitusi (MK).” katanya.

Disamping itu, Eko Purwandoko juga menyampaikan hasil rekapitulasi perolehan suara untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri di Wilayah Kabupaten Karimun yang diungguli oleh Paslon nomor 02.

“Adapun total yang diraih itu berjumlah 49.204 suara, dan Paslon 03 berhasil meraup suara sebesar 35.978, serta Paslon 01 dengan total suara hanya sebanyak 22.426 suara saja”. tutupnya. (RC).

Editor : Milla