Beranda Kepulauan Riau Karimun Rp 1,5 Miliar BMN Dimusnahkan Bea Cukai Karimun

Rp 1,5 Miliar BMN Dimusnahkan Bea Cukai Karimun

116
0

Karimun, GK.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabeanan B Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau melakukan pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) dari hasil penindakan penegahan sejak bulan Febuari Tahun 2019 hingga Mei Tahun 2020 lalu.

Pemusnahan barang tersebut digelar di Halaman Pelabuhan Ketapang Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau pada Rabu, (2/12) pagi.

Kepala KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun, Agung Mahendra Putra mengatakan bahwa pemusnahan barang tersebut dilakukan dengan cara dibakar, serta digilas dengan menggunakan alat berat.

“Barang yang dimusnahkan memiliki dua bidang penindakan, yaitu penindakan di bidang Kepabeanan dan di bidang Cukai,” ujarnya kepada Awak Media.

Dalam penjelasannya, Agung merincikan, barang yang dibidang kepabeanan berupa 151 pack kosmetik, 33 karung ballpress, 57 unit elektronik bekas berbagai jenis, dan 846 pack barang-barang lainnya. Sementara itu, untuk barang di bidang cukai berupa 1,5 juta batang hasil tembakau, 105 pcs hasil cukai lainnya, dan 5.864 liter minuman mengandung alkohol.

“Adapun akumulasi nilai barang yang dimusnahkan yaitu sebesar Rp 1,5 miliar, dengan total kerugian Negara mencapai kurang lebih Rp 1 miliar. Pemusanahan ini merupakan salah satu tindak lanjut dari fungsi DJBC, yakni “Community Protector” untuk melindungi masyarakat dari pengedaran barang-barang ilegal dan berbahaya,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut dapat menimbulkan efek jera kepada para pelaku pelanggaran kepabeanan dan cukai yang marak terjadi.

“Saya harap ini akan menimbulkan efek jera, dan berharap dukungan serta kerjasama dari masyarakat dalam memperkuat sinergitas dengan Instasi-Instasi terkait demi melindungi masyarakat dari barang-barang impor ilegal”. tutupnya. (RC).

Editor : Febri