Beranda Kepulauan Riau Karimun Banjir Rob Rendam Belasan Rumah Warga Pamak Laut Karimun

Banjir Rob Rendam Belasan Rumah Warga Pamak Laut Karimun

834
0
Kondisi banjir yang menggenangi rumah warga

Karimun, GK.com – Genangan Air Banjir Rob (Air Pasang Laut), merendam belasan rumah warga di Pamak Laut, Kelurahan Pamak, Kecamatan Tebing, hingga mencapai betis orang dewasa atau setinggi 50 cm.

Kepada Awak Media ini, Dahlan (44) salah satu warga mengatakan, air pasang tersebut berlangsung secara rutin pada saat memasuki akhir tahun hingga awal tahun.

“Banjir Air laut memang kerap terjadi di sini, air mulai memasuki rumah warga dalam beberapa hari terakhir, dan puncaknya nanti pada saat akhir dan awal tahun,” ujarnya, Selasa (17/11).

Tak hanya itu, Dahlan juga menjelaskan kondisi saat pasang tersebut dapat berlangsung hingga berjam-jam. Jika waktu surut, warga juga terpaksa mulai membersihkan rumahnya dari kotoran yang terbawa air.

“Air mulai naik pada saat jam 10 pagi dan mulai surut sekitar jam 1 siang, jika air sudah surut kami pun membersihkan sampah-sampah dan lumpur yang di bawa air pasang tersebut, kalau kami tidak lebih dulu menyimpan dan mengamankan alat-alat perabot rumah, pasti akan rusak semua,” keluhnya.

Dahlan yang mewakili suara masyarakat terdampak tersebut, berharap agar Pemerintah Daerah dapat lebih “Jeli” dalam melihat kondisi seperti ini, dan dapat mencarikan solusi yang cepat dari permasalahan yang kerap dirasakan warga setiap tahunnya.

“Kami para warga berharap agar pemerintah lebih memperhatikan kami warga pesisir pantai seperti ini, apalagi setiap tahun kami harus merasakan hal yang sama. Tolong dicarikan solusi dari permasalahan ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Karimun, Eko Sarjono mengatakan bahwa, kondisi air pasang (Banjir Rob) ini memang akan terus berlangsung, yang mana tingkat intensitas air laut dan gelombang cukup tinggi.

“Memasuki akhir tahun intensitas air laut dan gelombang cukup tinggi, dan ini juga akibat dari gravitasi matahari, dimana pada bulan November ini matahari berada tepat diatas wilayah kita, jadi gravitasi matahari juga menjadi penyebab pasangnya air laut,” jelasnya.

Eko menghimbau agar masyarakat disekitaran pesisir pantai dapat tetap waspada dengan kondisi air laut yang sewaktu-waktu dapat meninggi.

“Kami dari BMKG sendiri selalu menghimbau agar masyarakat disekitaran pesisir pantai selalu waspada di tengah kondisi Banjir Rob seperti ini”. pungkasnya. (RC).

Editor : Febri