Beranda Kepulauan Riau Karimun Cuaca Buruk, BMKG Ingatkan Nelayan Waspada Saat Melaut

Cuaca Buruk, BMKG Ingatkan Nelayan Waspada Saat Melaut

96
0

Karimun, GK.com – Fenomena cuaca Ekstrem La Nina saat ini sedang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Karimun, sehingga memicu kondisi cuaca yang berubah-ubah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karimun, melalui analisa dari Stasiun Meterologi Tanjung Balai Karimun menyampaikan bahwa, saat ini intensitas curah hujan cukup tinggi di sejumlah wilayah Karimun.

“Tingkat curah hujan di sejumlah Wilayah Karimun cukup tinggi, hal ini berpengaruh pada fenomena La Nina yang sedang melanda Wilayah Indonesia, termasuk Karimun,” ujar Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tanjung Balai Karimun, Raden Eko Sarjono, Sabtu (7/11).

Raden Eko mengatakan, kecepatan angin cukup kuat, terutama dibagian perairan laut yang membuat aktivitas gelombang tinggi, serta berkemungkinan besar munculnya fenomena alam seperti angin puting beliung.

Dirinya menghimbau kepada para nelayan yang ingin melakukan aktifitas di laut agar selalu waspada dan selalu memperhatikan keselamatan.

“Himbauan kami untuk para nelayan dan warga agar senantiasa waspada dengan kondisi cuaca akhir-akhir ini, terutama yang ingin beraktifitas di laut, angin kuat serta terciptanya gelombang tinggi dapat membahayakan keselamatan para nelayan. Jadi jika dirasa dalam kondisi tidak aman lebih baik merapat ke ketepian untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan,” himbaunya.

Raden juga mengatakan, dengan masuknya masa akhir pekan, diharapkan masyarakat juga dapat berhati-hati apabila ingin melakukan rekreasi ke pantai ataupun ke laut, utamakan keselamatan serta selalu waspada dalam beraktifitas.

“Ditengah situasi seperti ini, tingkat gelombang tinggi dan angin juga lumayan kencang, alangkah baiknya untuk meningkatkan kewaspadaan”. pungkasnya. (RC).

Editor : Febri