Beranda Politik Bawaslu Karimun Siap Kawal Pilkada Tanpa Politik Uang

Bawaslu Karimun Siap Kawal Pilkada Tanpa Politik Uang

140
0

Karimun, GK.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karimun menyatakan siap mengawal pesta demokrasi agar berjalan dengan baik dan lancar pada 9 Desember mendatang.

Kepada Awak Media ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun Nurhidayat, S.Sos bersama Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Mohammad Fadli, SH mengatakan, Bawaslu bukan hanya mengawasi, namun juga melakukan upaya pencegahan terhadap adanya pelangaran dalam pesta Demokrasi, termasuk budaya politik uang.

“Jauh sebelum adanya pandemi sudah kami berikan sosialisasi kepada masyarakat terkait adanya politik uang, dan kedepannya tetap kami berikan sosialisasi juga, namun caranya akan berbeda,” ujar Ketua Bawaslu Karimun, Kamis (3/9) Sore di Ruang Kerjanya.

Nurhidayat berharap dan meminta kepada masyarakat agar Pilkada 2020 di Kabupaten Karimun tidak hanya menjadi beban dan tanggung jawab Bawaslu sendiri, namun juga melibatkan masyarakat dalam proses mengawal dan mencegah terjadinya pelanggaran selama proses Pilkada berlangsung, serta mengingatkan kembali kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar dapat bersikap Netral serta tidak terlibat dalam politik praktis.

“Jika ditemukan mohon laporkan kepada Bawaslu, kalau enggan melapor secara resmi, cukup memberikan informasi kepada Bawaslu secara akurat, dan jangan mau menerima segala bentuk Money Politik,” tegas Nurhidayat.

Dikesempatan itu, Ia juga menuturkan, bukan hanya pemberi saja yang akan dikenakan sanksi, namun yang menerimapun akan terkena tindak pidana.

“Ingat, bagi ASN yang melakukan pelanggaran akan ada tindak pidana dan sanksi disiplin”. pungkasnya. (RC).

Editor : Febri