Beranda Kepulauan Riau Karimun Komunitas Perahu Jong Tri Dunia Lestarikan Permainan Tradisional Dengan Perlombaan

Komunitas Perahu Jong Tri Dunia Lestarikan Permainan Tradisional Dengan Perlombaan

289
0

Karimun, GK.com – Guna melestarikan Budaya dan permainan tradisional peninggalan para generasi terdahulu, Komunitas Perahu Jong Tri Dunia menggelar perlombaan Perahu Jong antar masyarakat yang berlokasi di Pantai Pak Imam, Baran Timur, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun.

Salah satu anggota Komunitas Perahu Jong Tri Dunia, Jupri kepada Awak Media ini mengatakan, digelarnya kegiatan ini sebagai salah satu bentuk melestarikan permainan tradisional khas Melayu Kepulauan Riau yang telah ada sejak zaman dulu, selain itu juga sebagai bentuk penyelamatan terhadap kondisi pantai yang saat ini kurang mendapatkan perawatan.

“Sebagai generasi muda, kami harus meneruskan permainan rakyat yang telah diturunkan dari orang tua-tua dulu,” ujarnya, Minggu (23/8) sore.

Disinggung Jupri saat itu, sebagai satu-satunya Pantai yang berada di kawasan tengah Kota, seharusnya Pantai ini bisa lebih mendapatkan perhatian dari Pemerintah setempat.

“Karena selama ini perawatan Pantai tersebut hanya dilakukan oleh para Nelayan dan masyarakat sekitar saja,” ungkapnya.

“Kami berharap dengan dimulainya kegiatan ini, kedepannya bisa menggelar perlombaan permainan Perahu Jong yang lebih besar lagi, seperti yang ada di Kota Batam. Kami juga berharap agar Pemerintah Daerah bisa lebih peduli dengan kondisi arena permainan Perahu Jong yang berada di tengah Kota ini”. pungkasnya.

Seperti diketahui, Perahu Jong sendiri merupakan salah satu permainan tradisional khas Kepulauan Riau, Jong adalah sebutan dari perahu kecil yang terbuat dari kayu dengan layar terbuat dari kain maupun plastik aneka warna. (RC).

Editor : Febri