Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Sejak Covid-19 Mewabah, Disdukcapil Tanjungpinang Rubah Semua Pelayanan Menggunakan Sistem Online

Sejak Covid-19 Mewabah, Disdukcapil Tanjungpinang Rubah Semua Pelayanan Menggunakan Sistem Online

369
0

Tanjungpinang, GK.com – Sejak merebaknya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia pada beberapa bulan lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang telah melakukan perubahan pelayanan dengan memberlakukan sistem online, sehingga memudahkan masyarakat dalam memproses berbagai keperluan kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang, Irianto menyampaikan bahwa, ada 8 item yang bisa diakses melalui pelayanan online.

“Salah satu yang dilakukan oleh Pemerintah dalam Negeri, yaitu hasil atau output dari produk administrasi kependudukan yang sudah berubah,” ucap Irianto, Jumat (24/7) di Kantor Disdukcapil Tanjungpinang.

“Kartu Keluarga (KK) sudah menggunakan kertas HVS A80 Mg untuk mempermudah masyarakat untuk mencetak KK yang telah dikirim dalam bentuk PDF oleh pegawai Disdukcapil,” terangnya.

Terkait proses pembuatan KTP elektronik, Irianto juga mengatakan bahwa, Disdukcapil Kota Tanjungpinang sudah menerapkan sistem online sejak adanya new normal.

“Meskipun kita mengalami sedikit hambatan dikarenakan jaringan dan kehabisan blangko dibulan Juni lalu, tetapi surat ada kembali sebanyak 600 blangko KTP-el,” lanjutnya.
Kepada Awak Media ini, Irianto menyampaikan, masyarakat Tanjungpinang yang ingin membuat KTP-el, segera datang ke Kantor Disdukcapil untuk melakukan pembuatan KTP-el selama blangko masi tersedia. (Del).

Editor : Febri