Beranda Kepulauan Riau Karimun Aunur Rafiq Serahkan Zakat Periode Pertama Tahun 2020

Aunur Rafiq Serahkan Zakat Periode Pertama Tahun 2020

77
0

Karimun, GK.com – Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyerahkan secara simbolis pendistribusian Zakat pada periode pertama tahun 2020 kepada perwakilan penerima Zakat di Gedung Nasional, Selasa (12/5).

”Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Karimun, mengucapkan terimakasih banyak kepada Baznas Karimun dengan kondisi sekarang ini,” kata Aunur Rafiq.

”Saya pesan kepada pengurus UPZ, disaat pendistribusian tetapkan mengikuti protokol Covid-19, mulai dari jaga jarak dan tetap menggunakan masker,” pesannya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Baznas Karimun, H Nasrial mengatakan, untuk pendistribusian dana umat diperiode pertama pada tahun ini mencapai Rp 476 juta.

”Apabila dibandingkan periode pertama di tahun 2019 lalu, memang terjadi penurunan sedikit, yaitu sekitar Rp 50 juta atau pada periode pertama tahun 2019 lalu Rp 521 juta,” ungkapnya.

Namun, Baznas akan terus menghimbau kepada masyarakat Muslim untuk segera membayarkan Zakat, mengingat hari kemenang atau Hari Raya Idul Fitri 1441 H tinggal menghitung hari.

”Kami dari Baznas, tetap menghimbau agar segera menunaikan Zakat Fitrah dengan patokan 2,5 kilogram beras yang dimakan sehari-hari, apabila diganti dalam bentuk uang (Qimah) per jiwanya ada delapan pilihan, sedangkan untuk zakat harta, zakat profesi, zakat ternak, qadha puasa, fidyah puasa ramadan, infaq, shadaqah dan sebagainya tetap ada cara perhitungannya yang sudah baku,” jelas Nasrial.

”Selain meringankan saudara-saudara kita, pemanfaatan bayar zakat juga diharapkan dapat mencegah dampak bencana Covid-19″. tutupnya. (*).

Editor : Febri