Beranda Kepulauan Riau Karimun Bupati Karimun Kunjungi Tempat Karantina di SMPN 2 Tebing

Bupati Karimun Kunjungi Tempat Karantina di SMPN 2 Tebing

226
0

Karimun, GK.com – SMPN 2 Binaan Tebing yang menjadi lokasi karantina isolasi bagi masyarakat Karimun yang dating dari Kota yang terjangkit Covid-19, mendapat kunjungan dari Bupati Karimun, Aunur Rafiq yang saat itu didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah.

Pemberlakuan karantina bagi para masyarakat yang baru pulang dari Daerah atau Kota yang telah terjangkit Covid-19 adalah salah satu gerakan Pemerintah dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19, yang mana karantina di SMPN 2 Tebing akan diberlakukan mulai hari ini Minggu (12/4).

“Untuk saatinibagi yang pulang dari Malaysia, Singapura maupun Jakarta, baik melalui Kapal Kelud atau menggunakan Pesawat melalui Batam dan Tanjungpinang, akan kita karantina selama 2 hari,” ujar Aunur Rafiq.

Sedangkan untukTKI yang berasal dari luar Kabupaten Karimun yang melakukan transit, Aunur mengatakan bahwa tidak akan dikarantina di SMPN 2 Binaan Tebing, tetapi akan dikarantina di Pelabuhan dan akan dilanjutkan ke Kampung halaman masing-masing.

Selanjutnya, Bupati Karimun berpesan kepada masyarakat Daerah luar Karimun agar tidak masuk ke Karimun dengan tujuan untuk mencari kerja, dikarenakan kondisi saat ini yang sangat tidak memungkinkan.

“Kami Pemerintah Kabupaten Karimun akan menutup pintu masuk untuk warga yang bukan masyarakat Karimun, kebijakan ini dibuat Pemerintah semata-mata untuk memutus tali rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karimun”. tegasnya.

Untuk TKI yang berasal dari Karimun, dalam kesempatan itu juga Bupati Karimun melalui Disnaker Kabupaten Karimun telah mempersiapkan Kartu Pra Kerja dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Progam Kartu Pra Kerja adalah program pengembangan kompetisi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja/Pekerja, Buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang membutuhkan peningkatan kompeten. Program ini diberikan dalam bentuk pelatihan, insentif dan sertifikasi pelatihan. Untuk tahap awal penerima Kartu Pra Kerja diprioritaskan bagi Pekerja yang terkena PHK atau dirumahkan akibat pandemik Covid-l9.

2. Untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja, calon penerima diwajibkan mendaftarkan diri pada program Kartu Pra Kerja secara daring melalui situs resmi program prakerja (http://prakerja.go.id).

3. Peserta program Kartu Pra Kerja nantinya bias memilih langsung pelatihan atau kursus yang disiapkan Pemerintah, program pra kerja difasilitasi dengan pelatihan vokasi seperti keterampilan dibidang manufaktur, parawisata, ekonomi digital, dll yang nantinya akan disediakan oleh lembaga pelatihan yang dimiliki Swasta, BUMN, BUMD maupun Pemerintah.

4. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan dating ke Kantor Disnaker Tanjung Balai Karimun. (Red/Hms).

Editor : Febri