Beranda Kepulauan Riau Anambas Warga Keluhkan Krisis Air, Kasi Tapem Dan Pmd Kecamatan Siantan Utara Sigap...

Warga Keluhkan Krisis Air, Kasi Tapem Dan Pmd Kecamatan Siantan Utara Sigap Turun Kelapangan

57
0

Sumber mata air dari Gunung Belatung

 

Anambas, GK.com – Sumber mata air dari Gunung Belatung yang selama ini mengaliri ke rumah masyarakat di Desa Mubur Kecamatan Siantan Utara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari dalam mendapatkan air bersih di Desa tersebut tanpak tidak mengalir sejak seminggu ini. Hal tersebut pun membuat masyarakat menjadi kesulitan dalam mencari air bersih untuk di konsumsi sehari-hari.

“Sudah satu minggu ini masyarakat merase kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Pipa air yang biasenye kite gunakan dalam mendapatkan air bersih pun sudah tidak mengaliri air lagi seperti biasenye. Kite khawatir ade pipa yang patah atau lepas dari Gunung Belatung,” jelas Abdul Samat, salah satu Tokoh Masyarakat.

“Biasanye di Bulan Maret hujan masih turun, pade Bulan Agustus baru mengalami kemarau, namun anehnya di Tahun ini, di Bulan Maret kita sudah merasa kesulitan dalam mendapatkan air,” keluhnya.

Menganggapi laporan dari masyarakat setempat, Nurisman Effendi sebagai Kepala Seksi Tata Pemerintahan dan Pmd  Kecamatan Siantan Utara pun dengan sigapnya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengecek ketersediaan sumber mata air di Gunung Belatung tersebut, guna memastikan tidak adanya kebocoran atau pipa terlepas dari Gunung tersebut, seperti yang telah dikeluhkan oleh masyarakat sekitar.

Menurutnya, setelah dilakukan pengecekan memang ada pipa yang terlepas di bak ke 2 dari 3 bak penampungan tersebut, “namun sudah kita lakukan penyambungan kembali bersama warga. Disamping itu, debit air yang ada saat ini juga agak berkurang, dan mata airnya juga sangat kecil,” terangnya.

“Hal ini tentunya tidak seperti biasanya, tidak sama dengan Tahun-Tahun sebelumnya. Oleh karena itu, kami menghimbau kepada masyarakat agar kiranya dapat sedikit menghemat dalam menggunakan air bersih untuk dikonsumsi sehari-hari, jangan terlalu berlebihan,” ucapnya.

“Bulan Ramadhan sudah berada di depan mata, mari kita bersama-sama menjaga stok air kita agar cukup”. pungkas Nurisman Effendi. (QQ).

Editor : Milla