Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Kecamatan Tanjungpinang Kota Sepakati Bersama Perencanaan Pembangunan Melalui Musrenbang

Kecamatan Tanjungpinang Kota Sepakati Bersama Perencanaan Pembangunan Melalui Musrenbang

112
0

Tanjungpinang, GK.com – Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk Tahun 2021, maka seluruh tingkatan Pemerintah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), dari tingkat Kelurahan hingga ke tingkat Nasional.

Untuk itu, Kecamatan Tanjungpinang Kota turut menggelar Musrenbang selama dua hari, yang dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd pada hari Rabu (5/2) sekitar pukul 09.00 Wib.

Bertempat di Gedung PKK Kota Tanjungpinang, Senggarang, Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd menyampaikan bahwa, digelarnya kegiatan tersebut guna menyaring lebih rinci terkait rencana pembangunan yang telah disusun pada tingkat Kelurahan, yang digelar sebelum menuju ke tingkat Kecamatan.

“Pelaksanaan Musrenbang di tingkat Kecamatan ini, untuk merangkum berbagai usulan yang ada di masing-masing Kelurahan, yang mana hasil Musrenbang pada tingkat Kecamatan inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan RKPD,” kata Syahrul.

Dikesempatan itu, Syahrul juga menekankan kepada jajarannya, agar pelaksanaan program yang akan mulai berjalan di Tahun 2020 seperti lelang dan lain sebagainya, sudah bisa dimulai dari sekarang, menghindari agar tidak terjadi keterlambatan seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

“Semoga melalui pelaksanaan ini, dapat disepakati mengenai kegiatan prioritas dan sasaran yang disertai target ataupun pendanaan dalam daftar prioritas 2021,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Tanjungpinang Kota, Nasrizal dalam kesempatan yang sama, memaparkan terkait perencanaan yang telah tercapai di Tahun 2019 untuk 4 Kelurahan yang ada di Kecamatan Tanjungpinang Kota, baik fisik maupun non fisiknya, diantaranya Kelurahan Kampung Bugis telah terealisasi fisik sebanyak 20 kegiatan dan non fisik sebanyak 3 kegiatan, serta Kelurahan Senggarang, kegiatan fisiknya sebanyak 9 kegiatan dan non fisik sebanyak 18 kegiatan, sedangkan Kelurahan Tanjungpinang Kota, untuk fisik sebanyak 13 kegiatan dan non fisik 7 kegiatan, serta Kelurahan Penyengat, fisik 10 kegiatan dan non fisik 5 kegiatan. 

“Pada Musrenbang di Tahun 2020 ini, kita tetapkan sebuah tema ‘Pengembangan Pusat Kebudayaan Melayu Dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia SDM)’ yang nantinya akan menjadi arah kebijakan pembangunan Kota Tanjungpinang di Tahun 2021,” jelas Nasrizal.

“Kita akan fokuskan kepada pengembangan pusat kebudayaan Melayu, pengembangan SDM, peningkatan nilai tambah ekonomi, peningkatan infrastruktur Kota, transparasi pelayanan publik dan tata kelola Pemerintahan, serta pengembangan Smart People dalam menunjang pengembangan Smart City.” tutup Nasrizal.

Turut hadir di , Wakil Ketkesempatan ituua I DPRD Tanjungpinang Ade Angga, Kepala Bappelitbang Ruli Friady, jajaran OPD, para Lurah se- Kecamatan Tanjungpinang Kota, forum  RT/RW dan delegasi Kelurahan, serta tamu undangan lainnya. (MA).

Editor : Febri