Beranda Kepulauan Riau Marlia : 60% Orang Tua Berpengaruh Terhadap Tumbuh Kembang, Pola Asuh, Dan...

Marlia : 60% Orang Tua Berpengaruh Terhadap Tumbuh Kembang, Pola Asuh, Dan Karakter Anak

115
0

Tanjungpinang, GK.com – Pembinaan dari Orang Tua sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, yang mana hal itu mencakup berbagai macam aspek, termasuk didalamnya perubahan dan tingkah laku setiap anak yang berasal dari didikan Orang Tua.

Komisioner Pengasuhan dan Agama pada Komisi Pengawasan dan Perindungan Anak Daerah (KPPAD) Kepulauan Riau, Dra. Marlia Saridewi, MM, kepada Media ini menyampaikan bahwa, untuk pola asuh anak dan karakter, Orang Tua memegang hingga 60%, sedangkan 20% pada lingkungan pendidikan dan  20% lagi merupakan pengaruh dari lingkungan.

“Dari 100% hal tersebut yang berpengaruh besar terhadap pertumbuhan anak adalah Orang Tua, sehingga apapun yang terjadi atau dialami anak diluar sana, adalah korban kita selaku Orang Tua,” kata Marlia, Selasa (4/2) sekitar pukul 12.00 Wib.

Oleh sebab itu, Marlia mengatakan bahwa, dalam menghindari hal-hal buruk yang akan dilakukan oleh anak-anak, tentunya dimulai dari keluarganya sendiri. Karena menurutnya, dilingkungan kelurga sudah terpenuhi hak-hak anak, maka anak tersebut akan mendapatkan dampak positif kedepannya.

“Dibutuhkan hubungan antara Ayah, Ibu, dan Anak, serta anggota keluarga yang baik agar anak dapat berkomunikasi dengan Orang Tua secara terbuka,” tutur Marlia, di Kantor KPPAD Kepri, yang terletak di Jalan Sumatera.

“Orang Tua sebaiknya lebih sering untuk mempertanyakan masalah yang sedang dihadapi oleh anak, jangan langsung melakukan tindakan dengan memarahi anak tanpa tau lebih objektif terkait permasalahan yang sedang dihadapinya,” ujar Marlia.

Dikatakan Marlia, anak-anak di zaman sekarang termasuk anak yang cerdas, karena tidak gampang untuk dibohongi tanpa ada alasan yang cukup jelas, hal ini tentunya dipengaruhi dengan zaman Ilmu Teknologi yang cukup terbuka, sehingga wawasan yang dimiliki juga lebih luas.

“Jangan sampai anak menjadi korban salah asuh oleh para Orang Tua, dengan hal yang tidak seharusnya di didik kepada anak tersebut,” ucap Marlia.

“Wujudkan hubungan keluarga dengan penuh kasih sayang dan perlindungan terhadap anak, hindari kekerasan terhadap anak, karena hal itu tentunya sangat berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak”. tutup Marlia. (MA).

Editor : Febri