Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Pasar Potong Lembu Resmi Beroprasi, Syahrul : Semoga Dapat Menambah Pendapatan Daerah

Pasar Potong Lembu Resmi Beroprasi, Syahrul : Semoga Dapat Menambah Pendapatan Daerah

79
0

Tanjungpinang, GK.com – Wali Kota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd meresmikan pasar Potong Lembu, Kamis (30/1) pagi, dengan ditandai pengguntingan pita oleh Wali Kota Tanjungpinan H. Syahrul, yang saat itu didampingi oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang DR. H. Ahmad Yani, dan Dirut PT. Tanjungpinang Makmur Bersama Fahmi, S.Si. Pasar yang dilakukan revitalisasinya lebih kurang 6 bulan yang lalu, oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Tanjungpinang itu, kini kembali beroperasi.

Untuk diketahui, pasar Potong Lembu yang dikelola oleh PT Tanjungpinang Makmur Bersama yang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Tanjungpinang ini direvitalisasi sejak 17 Juni hingga 15 Desember 2019 lalu dengan menghabiskan dana sekitar Rp 2,7 miliar yang diperoleh dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan dana pendamping sebesar Rp 95 juta.

Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul dalam sambutannya mengatakan, dengan diresmikannya kembali pasar Potong Lembu ini, diharapkan akan lebih memberikan kontribusi yang besar untuk PDRB Kota Tanjungpinang.

“Aktifitas perekonomian masyarakat sebagian besar ditopang oleh proses jual-beli dan hal ini terjadi di pasar, pasar Potong Lembu ini yang merupakan pasar rakyat yang menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi di Kota Tanjungpinang, semoga dapat menambah pendapatan bagi daerah dan perekonomian di Kota Tanjungpinang menjadi semakin membaik,” kata Syahrul.

Selain itu, Syahrul juga mengharapkan kepada masyarakat untuk menjaga serta dapat memelihara bersama, agar tercipta suasana pasar yang ideal dan layak, bersih, tidak kumuh, nyaman, aman, rapi dan tidak sumpek, serta memiliki fasilitas yang mampu bersaing untuk menjadi tempat wisata belanja alternatif.

“Saya melihat kondisi saat ini di pasar Potong Lembu sangat bersih dan nyaman untuk berbelanja, meskipun masih berkesan tradisional, kita harapkan pasar ini mampu bersaing dengan menyediakan berbagai kebutuhan pokok secara lengkap, dibandingkan berbelanja di supermarket atau mall. Mari kita kembali berbelanja di pasar tradisional agar terjadi perputaran ekonomi kerakyatan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang, DR. H. Ahmad Yani menambahkan pada kesempatan itu, saat ini pasar Potong Lembu kembali beraktivitas seperti biasanya, kedepannya pasar yang dikelola oleh BUMD Kota Tanjungpinang ini diharapkan mampu menciptakan suasana pasar yang ideal, bersih dan nyaman bagi masyarakat Kota Tanjungpinang.

“Semoga dengan diresmikannya pasar ini menjadi lebih nyaman untuk berbelanja dan menjadi tujuan bagi masyarakat Kota Tanjungpinang untuk melakukan aktifitas transaksi jual-beli bahan pokok disini,” ujarnya.

Ahmad Yani juga menyampaikan jumlah kios dan pedagang yang direvitalisasi yakni Blok A luar sebanyak 37 kios, Blok A dalam sebanyak 24 kios, Blok B luar sebanyak 35 kios, Blok B meja ikan sebanyak 24 meja dan Blok B meja sayur sebanyak 48 meja.

Dijelaskan Ahmad Yani, dua bangunan pasar Potong Lembu itu memiliki 96 unit kios dan 72 lapak atau meja untuk berjualan ikan dan sayuran.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Tanjungpinang Makmur Bersama, Fahmi, S.Si mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang dan seluruh pihak yang telah memberikan sinergitas dalam membangun dan merevitalisasi pasar Potong Lembu ini. Ia juga berharap dengan adanya revitalisasi ini dapat memberikan semangat kepada para pedagang serta dapat meningkatkan animo masyarakat untuk berbelanja di pasar Potong Lembu ini.

“Semoga dengan adanya peningkatan kualitas sarana dan prasarana Pasar Potong Lembu ini dapat meningkatkan penambahan penghasilan bagi para pedagang dan menjadi pemacu animo bagi masyarakat untuk berbelanja disini,” ujar Fahmi.

Setelah itu, dilakukan peninjauan pedagang yang juga diikuti oleh Anggota DPRD Kota Tanjungpinang yang hadir saat itu, Reni, SE, Maiyanti dan Drs. H. Respriadi serta tamu undangan lainnya seperti Asisten Ekonomi dan Pembangunan, H. Irwan, S.Sos, MM, Kepala OPD, Camat dan Lurah serta para undangan lainnya. (Hms/Red).

Editor : Milla