Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Gelar MTQ ke- VII, Mirwansyah : Semoga Dapat Menghasilkan Qori Dan Qoriah...

Gelar MTQ ke- VII, Mirwansyah : Semoga Dapat Menghasilkan Qori Dan Qoriah Terbaik

95
0

Tanjungpinang, GK.com – Digelar Selama dua hari, terhitung sejak tanggal 28 hingga 29 Januari 2020, Kelurahan Tanjung Unggat sukses menggelar acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- VII tingkat Kelurahan, di Mesjid Al- Anshor, Jalan Sei Payung Gg. Bintangor.

Dalam acara yang dibuka oleh Camat Bukit Bestari, Faisal Pahlevi itu diikuti oleh sebanyak 46 peserta yang berasal dari 9 RW se- Kelurahan Tanjung Unggat mengikuti kegiatan MTQ tersebut, dengan harapan agar nantinya bisa menjadi Qori dan Qoriah yang dapat mengamalkan ilmu Al-  Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Lurah Tanjung Unggat, Muhammad Mirwansyah, S.STP kepada Awak Media ini menjelaskan bahwa ada empat cabang yang diperlombakan saat itu, dengan mengusung tema “Jadikan MTQ Sebagai Momentum Untuk Membentuk Manusia Yang Qur’ani dan Berakhlak Mulia”.

“Adapun empat cabang perlombaan yang dilaksanakan, diantaranya yaitu cabang Tartil untuk putra dan putri, cabang Tilawah anak-anak putra dan putri, cabang Tilawah remaja putra dan putri, serta cabang Tilawah dewasa putra dan putri,” terangnya.

Dengan adanya kegiatan MTQ ini, Mirwansyah berharap, kedepannya anak-anak atau para generasi penerus dapat terus meningkatkan dalam membaca Al- Qur’an dan mendengarkan serta merenungkan indahnya lantunan-lantunan ayat-ayat suci Al- Qur’an, sehingga dapat diamalkan.

“Saya berharap, kedepannya pelaksanaan MTQ ini dapat diikuti lebih banyak lagi peserta, sehingga selain menghasilkan Qori dan Qoriah terbaik, dapat juga terciptanya pondasi dasar dalam membangun mental dan moral yang Qurani dan Islami kepada generasi muda pada khususnya dan umat muslim pada umumnya”.  harap Mirwan.

Sementara itu, Dewan Hakim LPTQ, H. Sutan Muhammad Isa, MA pada penutupan MTQ menyampaikan terkait apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh peserta.

“Saya melihat ada kategori tartil anak, terdapat kurang pemahaman terkait permulaan membaca ayat seperti kalau kita membaca ayat itu harusnya ayat dulu baru ketemu nomor ayat, bukan nomor ayat baru membaca ayatnya, itulah yang membedakan membaca Al- Qur’an dan membaca tulisan dalam bahasa Indonesia. Dari hal ini saya tidak dapat menyimpulkan kesalahan dari forum, orang tua, atau bahkan guru pembimbing yang mengajarkannya,” kata Isa mengoreksi bacaan para Kafilah, Rabu (29/1) sekitar pukul 21.00 Wib.

Selanjutnya, kegiatan tersebut ditutup oleh Sekretaris Camat Bukit Bestari, H. Dody, SE yang saat itu hadir menggantikan Camat Bukit Bestari, Faizal Pahlevi yang kebetulan berhalangan untuk hadir.

“Pada saat ini, Kelurahan Tanjung Unggat merupakan Kelurahan ke dua yang telah mengadakan MTQ di tingkat Kecamatan Bukit Bestari, dan karena sebelumnya sudah dilaksanakan terlebih dahulu oleh Kelurahan Sei Jang,” tutur Dody.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan batasan umur, dan sudah di atur untuk kategori sesuai dengan umur masing-masing peserta, sehingga peserta bisa tidak salah dalam administrasi untuk mengikuti perlombaan MTQ tersebut.

“Saya berterima kasih atas dukungan yang telah di berikan, khususnya keluarga besar Kelurahan Tanjung Unggat dan para panitia yang telah mampu menangani acara ini dengan lancar hingga sampai di penghujung acara ini”. tutup Dody.

Acara ditutup dengan pembagian piala dan sertifikat kepada para peserta yang telah mendapatkan juara dari masing-masing untuk kategori yang dilombakan, termasuk juga pembagian doorprize untuk para hadirin sebagai bentuk hadiah penghibur. (MA).

Editor : Milla