Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Dinsos Tanjungpinang Berharap Dapat Memutuskan Rantai Kemiskinan Melalui Pembagian KKS PKH

Dinsos Tanjungpinang Berharap Dapat Memutuskan Rantai Kemiskinan Melalui Pembagian KKS PKH

101
0

Tanjungpinang, GK.com – Untuk membantu kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tanjungpinang membagikan Kartu Keluarga Sejahtera Program Keluarga Harapan (PKH) kepada Masyarakat yang kurang mampu dalam acara penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera PKH dan pelepasan Keluarga Penerima Manfaat Graduasi Mandiri.

Kepala Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, Agustiawarman pada kesempatan itu menyampaikan bahwa, penerima PKH ini terbagi atas 3 komponen, yaitu Pendidikan, Kesehatan, dan komponen kesejahteraan sosial.

“Penerima bantuan ini diberikan per triwulan dan di bagikan sesuai komponen, diantaranya komponen pendidikan dengan rincian yang mempunyai anak SD sebesar Rp 900.000,- SMP Rp 1 juta dan SMA sebesar Rp 1,5 Juta,” tutur Agustiawarman saat ditemui Media ini usai mengikuti acara pembagian Kartu tersebut, di Aula Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, Rabu (29/1) sekitar pukul 11.00 Wib.

“Untuk komponen Kesehatan ibu hamil dan menyusui dan untuk yang memiliki balita dengan usia dibawah 6 tahun sebesar Rp 3 Juta, serta untuk Komponen kesejahteraan sosial, yaitu lansia usia 70 tahun keatas sebesar Rp 2,4 Juta dan ini diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sepanjang memenuhi komponen, maka masyarakat tersebut masuk sebagai penerima PKH, dan akan menerima dana PKH ini per triwulan,” jelas Agus.

Disampaikan Agus, ada sebanyak 115 orang telah Graduasi secara madiri,

“Jadi di akhir Tahun 2019 masih menyisakan 5.003 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan di awal Tahun 2020 ini berkurang lagi menjadi 4.967, karena ada yang Graduasi sebanyak 115 orang,” katanya.

 

Baca :
http://gerbangkepri.com/2019/05/24/dinsos-tanjungpinang-berikan-652-paket-sembako-gratis-untuk-pmks-kelurahan-melayu-kota-piring/

http://gerbangkepri.com/2019/05/24/kelurahan-air-raja-terima-686-paket-sembako-dari-dinsos-tanjungpinang/

 

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd mengatakan bahwa dengan dibentuknya PKH yang di dalamnya telah menyusun sistem jaminan sosial kepada masyarakat sesuai ketentuan yang berlaku dari masing-masing bantuan ditujukan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia.

“Program ini dalam jangka pendek, bertujuan untuk mengurangi beban rumah tangga sangat miskin, dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan,” ujar Syahrul.

Ucapan terima kasih turut disampaikan Syahrul kepada pekerja sosial atau tim pendamping PKH yang menjadi mitra kerja Dinas Sosial Kota Tanjungpinang yang telah berpartisipasi tenaga dan waktunya dalam hal memberikan pembekalan mengenai pelaksanaan PKH, kepada Keluarga Penerima Manfaat.

“Saya berpesan kepada tim Program Keluarga Harapan (PKH), jika terjadi permasalahan secara umum yang dihadapi di lapangan, saya berharap dapat disikapi dengan baik dan bijak, selaku SDM Program Keluarga Harapan, harus mampu menyikapi masalah yang dihadapi di lapangan, ini bukan sekedar menjalankan tugas sebagai pendamping saja, namun dapat menjadi contoh keteladanan dalam kepribadian dan tutur kata bagi Keluarga Penerima Manfaat yang menjadi pendampingnya”. harap Syahrul. (Mis).

Editor : Febri