Beranda Kepulauan Riau Karimun Jadikan Pusat Percontohan, Kelurahan Harjosari Bersama Satbintibmas Dan LSM Alim Bangun PKT

Jadikan Pusat Percontohan, Kelurahan Harjosari Bersama Satbintibmas Dan LSM Alim Bangun PKT

68
0

Karimun, GK.com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan, kenyamanan dan keamanan masyarakat, Satuan Pembinaan Ketertiban Masyarakat (Satbintibmas) Polres Karimun berkolaborasi bersama Kelurahan Harjosari dan Lembaga Swadaya Masyarakat Air, Lingkungan dan Manusia (LSM-ALIM) membangun Pos Kamling Terpadu (PKT), di Halaman Kantor Kelurahan Harjosari.

Tujuan dibangunnya PKT tersebut adalah untuk merangkul semua elemen masyarakat dalam menjaga Keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Kelurahan Harjosari, dan juga sebagai wadah tempat berinovasi, khususnya pada lingkungan agar bermanfaat bagi masyarakat, serta melaksanakan peraturan Kapolri Nomor 23 Tahun 2007 tentang Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Lurah Harjosari, Ganar Septyadi kepada Media ini mengucapkan rasa syukurnya, karena pihak Kelurahan Harjosari sebelumnya sudah mengadakan rapat pertemuan bersama RT dan RW se- Kelurahan Harjosari, dan mereka setuju serta menyambut baik program tersebut.

“Sebelumnya sudah kita sosialisasikan kepada RT dan RW se- Kelurahan Harjosari,  dan mereka mendukung sepenuhnya kegiatan ini,  serta Kelurahan Harjosari siap turut membantu untuk mensuksesan kelancaran pembangunan ini dari segi finansial maupun proses pelaksanaannya,” tutur Ganar, di Gedung Serba Guna Kelurahan Harjosari, Selasa (21/01) sore.

Dikatakan Ganar, rencana tahap pembangunan Poskamling terpadu itu akan dilaksanakan mulai akhir Febuari jika tidak ada hambatan.

“Kita berharap PKT ini dapat bermanfaat untuk jangka waktu yang lama, karena selain memberikan pelayanan dan mengedukasi masyarakat,  juga dapat berfungsi sebagai tempat berinovasi dalam berkreasi agar dapat dirasakan hingga ke anak cucu kita nantinya,” harap Ganar.

Ditempat yang sama, Kanit Sat Bintibmas Polres Karimun, Irwan Hadi mengatakan bahwa, program PKT tersebut merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Karimun, serta menjadi bentuk percontohan bagi Daerah lainnya.

“Rencana ini sudah kita atur dengan matang dengan berkolaborasi bersama pihak Kelurahan Harjosari dan LSM Alim, beserta pemuda Kelurahan Harjosari,” ucap Irwan.

“Selain menciptakan Kamtibmas, nantinya juga dilaksanakan kegiatan untuk berinovasi yang berhubungan langsung dengan lingkungan, seperti mendaur ulang sampah, penghijauan, dan sampah yang bisa dijadikan pupuk untuk digunakan pada tanaman,” terang Irwan.

“Semoga hal ini dapat merubah mainset dan dijadikan edukasi bagi masyarakat dalam hal keamanan, inovatif maupun keasrian lingkungan, agar kedepannya lebih baik lagi,” lanjutnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua LSM ALIM Kabupaten Karimun, Muhammad Vazly menyampaikan himbauannya kepada masyaraka, agar dapat peduli dengan lingkungan sekitarnya,  baik dari segi biotik maupun anbiotik.

“Nantinya kita akan membuat tempat untuk mengkonsumsi limbah sampah di PKT ini,  agar bisa didaur ulang dan kita bisa proses supaya ada nilai ekonomis, sehingga dapat digunakan dan menjadi manfaat, serta tambahan bagi masyarakat,” ungkap Vazly.

“Kita harapkan dengan tujuan kegiatan ini dapat menciptakan rasa aman, nyaman dan asri bagi masyarakat, sehingga ketika mereka keluar maupun pulang kerumah, merasa tercover dengan adanya Poskamling terpadu ini”. tutup Vazly. (KR)

Editor : Febri