Beranda Kepulauan Riau Natuna Dalam Peringati HAB ke- 74, Ngesti Yuni Suprapti Berharap Kemenag Semakin Dekat...

Dalam Peringati HAB ke- 74, Ngesti Yuni Suprapti Berharap Kemenag Semakin Dekat Dalam Melayani Umat

72
0

Natuna, GK.com – Meski sempat diguyur dengan turunnya hujan, Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke- 74 Tahun 2020 tingkat Kabupaten Natuna yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kemenag Kabupaten Natuna tetap berjalan dengan khidmat. Dalam upacara yang dipimpin oleh Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti pada Jum’at (3/1) itu diikuti oleh ratusan Pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA, Mahasiswa STAI Natuna, serta para Pegawai di lingkungan Kemenag Kabupaten Natuna.

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti dalam membacakan amanat yang tertulis dari Menteri Agama RI Fachrul Razi menyampaikan, hari ini, kita memperingati tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia untuk selalu menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama, melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke- 74.

Disampaikannya, Kementerian Agama dibentuk pada tanggal 3 Januari 1946, dengan Menteri Agama pertama yakni Haji Mohammad Rasjidi, Kementerian Agama lahir dikancah revolusi fisik bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari penjajah, sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan, Kementerian Agama hadir dalam rangka pelaksanaan pasal 29 Undang-Undang Dasar 1945.

“Tugas utama Kementerian Agama adalah membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik, baik itu untuk pembangunan infrastruktur fisik maupun dalam rangka menunjang pembangunan jiwa,” terang Ngesti.

Lanjut Ngesti, selama tujuh dekade perjalan sejarah Kementrian Agama, banyak perubahan dan kemajuan yang telah dicapai dalam spektrum tugas yang begitu luas, seperti dalam fungsi bimbingan masyarakat beragama, pelayanan nikah, pembinaan pengelolaan zakat dan wakaf, dana sosial keagamaan, penyelenggaraan ibadah Haji, pendidikan keagamaan disemua jenjang, penelitian dan pengembangan, kediklatan, pembinaan kerukunan antara umat beragama, penyelenggaraan jaminan produk halal, serta penguatan tata kelola manajemen dan organisasi sesuai dengan agenda reformasi birokrasi.

“Saya meminta kepada segenap aparatur Kementerian Agama untuk dapat memberikan seluruh kemampuan yang saudara-saudara miliki, untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kementerian Agama,” pintanya.

Dalam kesempatan itu, Ngesti juga memberikan penghargaan Satya Lencana kepada sejumlah Pegawai Kemenag Natuna yang telah mengabdi lebih dari satu dekade (10 Tahun). Turut hadir dalam Upacara tersebut, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Natuna Daeng Ganda Rahmatullah, FKPD, para Asisten dan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, Instansi Vertikal, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Organisasi, serta tamu undangan lainnya. (SS).

Editor : Milla