Sabtu, Juli 20, 2024
spot_img

Kiki : Pelantikan Hendaknya Dimaknai Dengan Tuntutan Kelembagaan, Bukan Hanya Sekedar Bagi-Bagi Jabatan

Karimun, GK.com – Rotasi dan Mutasi Jabatan merupakan dinamika dan fenomena organisasi yang wajar dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), karena akan menjadi sarana organisasi dalam mencari kebutuhan terkait peningkatan kinerja Pegawai sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Maka dari itu, perlu adanya pertimbangan dan persiapan yang matang sebelum terjadi suatu mutasi atau rotasi bagi Pegawai, seperti yang dikatakan oleh Kepala BKPSDM melalui Bidang Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karimun, Kiki Rahmadi kepada Media ini melalui via telephon seluler, Senin (23/12) sekitar pukul 14.30 Wib.

“Setelah melakukan persiapan yang matang dan semua pimpinan unit telah setuju, barulah dilakukan sosialisasi kepada seluruh pegawai yang akan dimutasi dan rotasi, sementara untuk persiapan yang dilakukan salah satunya dengan memverifikasi data administrasi calon yang akan dimutasi,” tutur Kiki.

Disampaikan Kiki, dalam melakukan Rotasi ataupun mutasi, harus melewati beberapa prosedur dan mekanisme, setidaknya ada lima tim penguji, pihak internal, dan lainnya dari pusat, serta para akademisi dan pihak Pemerintahan Provinsi Kepri.

“Intinya, semua prosedur itu berdasarkan assessment, kemudian dilaksanakan dalam seleksi terbuka, serta instrumen pendukung seperti makalah dari pihak yang mau di mutasi,” tegas Kiki.

Selanjutnya, Kiki mengatakan, kegiatan mutasi merupakan rangkaian lanjutan untuk menciptakan kehidupan organisasi yang sehat dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan salah satu bagian dari pola dalam pembinaan karier Pegawai.

“Sebagai bagian dari upaya peningkatan karier, dalam pelantikan untuk Pejabat maupun Pegawai hendaknya dimaknai dengan tuntutan kelembagaan, bukan hanya sekedar bagi-bagi jabatan saja”. terangnya.

“Pengembangan kinerja tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pribadi pegawai yang bersangkutan, melainkan harus lebih fokus untuk meningkatkan integritas, loyalitas dan komitmen terhadap tugas dan tanggungjawabnya dalam melayani masyarakat”. pungkasnya. (Aos).

Editor : Febri

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink