Jumat, Juli 19, 2024
spot_img

Tingkatkan Rasa Syukur, Korpri Tanjungpinang Adakan Wirid Bulanan

Tanjungpinang, GK.com – Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Tanjungpinang melaksanakan Wirid Bulanan yang diisi dengan tausyiah oleh Ustad Fadholi, Jum’at (13/12) pagi, di Masjid Jami Al Jannatul Ma’wa, Jalan Soekarno Hatta.

Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd yang turut hadir dalam Wirid Bulanan yang diadakan sebulan sekali itu, mengatakan bahwa, kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menambahkan keimanan dan ketaqwaan, serta untuk menyegarkan semangat keagamaan dan menyuburkan keimanan agar dapat menjalani hidup yang diridhoi oleh Allah SWT.

“Wirid Bulanan yang rutin kita laksanakan ini tentunya tidak lengkap tanpa adanya siraman rohani yang kita dapatkan, semoga apa yang kita dengarkan dapat menjadi berkah, Wirid Bulanan ini juga sebagai wahana dan sarana untuk lebih menjalani silaturahmi sekaligus memakmurkan Masjid serta menambah ilmu agama,” ungkapnya.

Dikatakan Syahrul, mensyukuri nikmat Allah membutuhkan kekuatan iman, karena sesungguhnya nikmat-nikmat tersebut seringkali membuat kita menjadi lalai. Banyak orang yang diberikan oleh Allah SWT nikmat, bukan semakin dekat kepada Allah, akan tetapi semakin ia jauh kepada Allah.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ustad Fadholi saat menyampaikan tausyiahnya. Ia mengatakan dalam aktivitas itu, ucapan “Alhamdulillah” adalah hal minimal yang harus dilakukan oleh setiap orang, karena orang yang bersyukur kepada Allah akan selalu menjaga lisan dari ucapan-ucapan yang tidak baik, mereka akan selalu berhati-hati dan berusaha untuk tidak mengatakan sesuatu yang membuat orang lain tersakiti hatinya.

“Orang-orang yang bersyukur tidak berkeberatan untuk meminta maaf atas kesalahannya sendiri kepada orang lain sebagaimana mereka juga tidak berkeberatan memaafkan kesalahan orang lain, kepada Allah SWT, mereka senantiasa bersegera memohon ampunan kepadanya,” ujar Ustad Fadholi.

“Orang-orang yang bersyukur kepada Allah tentunya akan memiliki jiwa yang ikhlas dalam melakukan dan menerima sesuatu, orang-orang yang bersyukur tentu tidak suka berkeluh-kesah atas kekurangan-kekurangan atau hal-hal yang menurutnya tidak menyenangkan,” tuturnya.

“Orang-orang bersyukur tentu lebih sabar daripada mereka yang tidak bersyukur, memang untuk bisa bersyukur kita perlu kesabaran, untuk bersabar kita perlu keikhlasan,” ucapnya.

“Dengan kata lain, syukur, sabar dan ikhlas sesungguhnya saling berkaitan, maka dalam ilmu tasawuf, syukur adalah suatu maqom atau tingkatan yang sangat tinggi yang hanya bisa dicapai oleh mereka yang telah berhasil mencapai kompetensi tinggi dalam hal spiritualitas. Dari sinilah kemudian muncul konsep kecerdasan spiritual, kecerdasan ini hanya bisa dicapai melalui latihan-latihan yang sering disebut dengan riyadhah, hal ini tentunya berbeda dengan kecerdasan intelektual yang bisa diterima seseorang  secara genetis tanpa melaui latihan-latihan tertentu”. pungkasnya.

Dalam Pengajian Bulanan yang merupakan agenda terakhir Dewan Pengurus Korpri Kota Tanjungpinang untuk tahun 2019 tersebut, selain Wali Kota Tanjungpinang, turut hadir juga Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Tanjungpinang H. Irwan, S.Sos, MM, Kepala OPD, Camat dan Lurah se- Kota Tanjungpinang, serta seluruh ASN dan Honorer Pemko Tanjungpinang. (Hms/Red).

Editor : Febri

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink