Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang BP2RD Gelar Sosialisasi Evaluasi Zona Nilai Tanah

BP2RD Gelar Sosialisasi Evaluasi Zona Nilai Tanah

63
0

Tanjungpinang, GK.com – Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Tanjungpinang menggelar acara sosialisasi kegiatan evaluasi zona nilai tanah, dengan nilai jual objek pajak, terkait Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang sudah tidak sesuai saat ini, Rabu (11/12) pukul 10.00 WIB .

Dikesempatan itu, Kepala BP2RD Kota Tanjungpinang, Hj. Riany, S.Sos, mengatakan, kemandirian suatu daerah dapat diukur dari pendapatan daerah yang tinggi, salah satu contohnya seperti pajak yang telah dibayar oleh masyarakat.

“Pemasukan yang ada di dalam kas daerah berasal dari pajak dan dipergunakan untuk perbelanjaan daerah itu sendiri, sesuai prosedur yang telah ada,” ujar Riany.

“Kami percaya, APBD Kota Tanjungpinang itu digunakan untuk membiayai prosedur pelaksanaan pembangunan, bukan hanya berbentuk fisik saja, melainkan juga operasionalnya,” kata Riany.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma mengatakan, Pemerintah Daerah berusaha untuk selalu dapat meningkatkan penerimaan pajak daerah sebagai sumber pembiayaan dalam pembangunan, salah satu pajak yang memiliki potensi besar dan belum tergali secara optimal adalah Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

“Saat ini, Pajak Bumi Pembangunan dan Perkotaan baru menyumbang sebesar 13,15% dari pendapatan pajak daerah Kota Tanjungpinang,” tutur Rahma.

“Untuk memaksimalkan pendapatan pajak daerah PBB-P2 haruslah ada kerjasama yang baik antara Pemerintah Kota Tanjungpinang dengan para RT dan RW setempat sebagai ujung tombak terdepan,” harap Rahma.

“Dihari ini, dengan melaksanakan sosialisasi kegiatan evaluasi yang bertujuan untuk mencari hubungan yang lebih harmonis dan komunikatif antara Pemerintah Daerah bersama RT dan RW yang berhadapan langsung dengan masyarakat, semoga dapat mengevaluasi nilai tanah di Tahun 2019”. Pungkas Rahma.

Turut hadir pada kegiatan itu, Narasumber Dedano Bagus Winanto, S.Pd, para Camat dan Lurah se- Kota Tanjungpinang, serta RT dan RW se- Kota Tanjungpinang. (MA).

Editor : Milla