Beranda Kesehatan Guna Menjaga Kebersihan Dilingkungan Hidup, DinkesDalduk KB Tanjungpinang Gelar CTPS

Guna Menjaga Kebersihan Dilingkungan Hidup, DinkesDalduk KB Tanjungpinang Gelar CTPS

46
0

Tanjungpinang, GK.com – Sejumlah siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) mengikuti kegiatan Lomba Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Tahun 2019, yang digelar oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DinkesDalduk KB) Kota Tanjungpinang, Senin (4/11) sekitar pukul 08.30 Wib. Kegiatan yang dilakukan di Gedung Aisyah Sulaiman tersebut, dihadiri oleh Asisten 2 Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kepala SD se- Kota Tanjungpinang dan Mahasiwa Poltekkes Tanjungpinang.

Dalam Laporannya, Kepala DinkesDalduk KB Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program Pemerintah untuk meningkatkan kesehatan di lingkungan Sekolah maupun masyarakat.

“Kesehatan di masyarakat dapat dinilai dari beberapa faktor, yakni faktor lingkungan, perilaku dan pelayanan kesehatan, dari faktor tersebut, haruslah di didik sedini mungkin, sejak TK hingga Sekolah Menengah Atas (SMA),” ujar Rustam.

“Jika mereka sudah berhasil dalam berperilaku menjaga kebersihan hidup, maka kebiasaan hidup sehat akan dibawa sampai mereka berkeluarga dan sepanjang hidupnya,” tuturnya.

Dikatakan Rustam, beberapa faktor hidup sehat antara lain adalah, jajan dikantin Sekolah yang sehat, membuang sampah pada tempatnya, tidak ada jentik-jentik di kamar mandi Sekolah maupun sekitarnya, juga tidak ada aktifitas merokok di Sekolah.

“Tentunya yang tidak kalah penting dalam menjaga kesehatan, yang harus kita lakukan adalah mencuci tangan pakai sabun,” tegasnya.

“Cucilah tangan dengan baik dan teratur, khususnya pada saat sesudah buang air besar, setelah beraktifitas memegang barang-barang yang kotor, termasuk ketika ingin makan,” himbau Rustam.

“Semoga kegiatan ini dapat dimanfaatkan di lingkungan keluarga dan masyarakat, serta dapat diwariskan kepada generasi berikutnya, dan semoga anak-anak kita tidak terjangkit oleh segala penyakit yang ada disekitar kita”. pungkasnya. (MI).

Editor : Milla