Beranda Kepulauan Riau Lingga Barenlitbang Kepri Fasilitasi Pembentukan Forum Pengembangan Ekonomi di Lingga

Barenlitbang Kepri Fasilitasi Pembentukan Forum Pengembangan Ekonomi di Lingga

75
0

Lingga, GK.com – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melaksanakan kegiatan fasilitasi Forum Pengembangan Ekonomi Lokal bersama Bappelitbang Kabupaten Lingga di Aula Hotel Lingga Pesona, Rabu (23/10) pagi. Kegiatan dihadiri sebanyak 50 orang peserta.

Pada kesempatan itu, Kepala Sub Bagian Perencanaan SDA dan Infrastruktur Kewilayahan III Bapelitbang Provinsi Kepri, Ria Nandika Handayani menjelaskan mengenai pembentukan Forum Pengembangan Ekonomi Lokal yang harus digesa pembentukannya disetiap Daerah Kabupaten dan Kota agar setiap usulan pelaku usaha dapat tertampung saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

“Dengan adanya forum ini, para pelaku usaha di Lingga dapat memberikan masukan rencana aksi saat Musrenbang di tingkat Daerah berlangsung,” terang Ria Handayani kepada 50 orang peserta yang hadir saat itu.

Lanjutnya menjelaskan, rencana berikutnya akan dilaksanakan pemetaan pelaku usaha dan usulan pelaku usaha akan direkomendasikan ke tingkat Provinsi, selanjutnya di rekomendasikan ke instansi terkait.

“Ditingkat Provinsi akan diarahkan kepada OPD terkait bahwa di Lingga ada beberapa pelaku usaha,” kata Ria.

Selanjutnya setiap peserta mendapatkan bimbingan untuk menumbuh kembangkan serta meningkat sumber daya manusia dan kreatifitas serta berpikir positif para pelaku usaha.

“Penting untuk mengubah mindset, kita harus imajinasikan apa yang mungkin bisa dilakukan dengan semua ini. Lingga jangan sampai kalah dari tetangga, Lingga punya sesuatu yang harus dipromosikan,” kata Sugeng.

Terbentuknya Forum PEL di Lingga mendapat apresiasi positif dari Kabid Perekonomian dan SDA Bapelitbang Lingga, Indra Asmara Putra menuturkan, Forum ini terbentuk atas kerjasama antara Bappelibang Provinsi dan Bappelitbang Kabupaten Lingga.

“Forum ini akan dibentuk esok hari, yakni pada hari Kamis, dan setiap bidang terdiri dari kelompok kerja (pokja) yang merupakan para pelaku usaha. Insha Allah nantinya ada pokja pariwisata, pokja perikanan dan lainnya”. jelas Indra dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteran masyarakat Lingga. (Red).

Editor : Febri