Beranda Kepulauan Riau Batam Tumbuhkan Minat Baca Pada Siswa, SDN 11 Bengkong Hadirkan Perpustakaan Mini

Tumbuhkan Minat Baca Pada Siswa, SDN 11 Bengkong Hadirkan Perpustakaan Mini

67
0

Batam, GK.com – Kurangnya minat membaca kerap kali menjadi masalah yang terus diuapayakan solusinya bagi setiap sekolah yang ada di Indonesia, tak terkecuali pada SD Negeri 11 Bengkong, Kecamatan Bengkong, Kota Batam.

Kepada Media ini, Selasa, (20/8) di Ruang Kerjanya, Pembantu Laksana Tugas (Plt) Kepala Sekolah (Kepsek), Sukiarti S.Pd mengatakan bahwa, saat ini ia berupaya dalam meningkatkan minat baca pada Siswa di Sekolah tersebut.

“Saat ini sangat diperlukan kerjasama dan suport dari pihak Sekolah maupun Wali Murid dalam menumbuhkan minat baca pada anak, karena seperti yang kita ketahui, bahwa dengan banyaknya membaca tentunya akan menambah pengetahuan kepada anak,” ungkap Sukiarti.

“Dulu anak belum mengenal gadget, sehingga anak-anak didik kita pasti menyebokkan diri lari keperpustakaan walau sekedar membaca buku-buku tentang sejarah, namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang, hampir rata-rata anak kita pada asyik memegang Handphon ketimbang memegang buku,” ucapnya.

“Hal ini lah yang perlu kita perhatikan dan segera mencari solusi terkait hal tersebut,” ujarnya.

DIikesepatan yang sama, Guru Kesiswaan SDN 11 Bengkong, Fajar Kunawi S.Pd yang saat itu juga turut mendampingi Sukiarti mengatakan bahwa, saat ini jurus jitu yang diambil oleh sekolahan tersebut untuk menumbuhkan minat baca pada anak adalah dengan cara menerapkan program Perpustakaan Mini pada setiap masing-masing perwakilan Kelas.

“Dengan adanya Perpustakaan Mini itu, Alhamdulillah saat ini minat baca siswa yang ada di Sekolah ini mulai terlihat, tentunya hal ini juga merupaka hasil dari kerja keras serta suport yang diberikan oleh para Guru-Guru disini,” terang Fajar.

“Semua buku-buku di Perpustakaan Mini ini kita letak tersusun rapi di dalam lemari Kelas, setiap sebulan sekali kita lakukan pemantauan pada Siswa dengan maksud untuk mengontrol Siswa yang aktif membaca”. tutup Fajar. (RZ).

Editor : Febri