Beranda Kepulauan Riau Dewan Kesenian Kepri Gelar Musda Guna Bangkitkan Kembali Kesenian Daerah, Raja Helmi...

Dewan Kesenian Kepri Gelar Musda Guna Bangkitkan Kembali Kesenian Daerah, Raja Helmi Terpilih Secara Aklamasi

81
0

Tanjungpinang, GK.com – Dewan Kesenian Kepulauan Riau menggelar Musyawarah Daerah (Musda) guna mencari pengganti Ketua Dewan Kesenian Provinsi Kepulauan Riau yang telah habis masa jabatannya, Senin (22/7) sekitar pukul 09.00 Wib, di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang.

Plt. Gubernur Kepri, H. Isdianto yang turut hadir dan membuka acara tersebut memberikan apresiasi serta penghargaannya atas kelancaran acara tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya dengan terselenggaranya acara ini, mudah-mudahan dapat menciptakan kepengurusan yang mempunyai komitmen tinggi terhadap kesenian di Kepulauan Riau,” ucap Isdianto.

“Saya juga berharap agar Dewan Kesenian terus mempunyai komitmen terhadap kesenian Daerah dan bersama-sama membangkitkan kesenian yang telah lama tenggelam,” harapnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Dewan Kesenian Provinsi Kepri, Husnizar Hood dalam sambutannya mengatakan bahwa Dewan Kesenian merupakan lembaga yang menjadi mitra Pemerintah untuk melestarikan kesenian.

“Banyak yang tidak mengetahui bahwa Dewan Kesenian itu adalah lembaga yang menjadi mitra Pemerintah untuk melestarikan pengembangan kesenian, dibuat untuk membantu Pemerintah dalam melakukan hal-hal yang tidak dapat ditangani oleh Pemerintah,” tutur Husnizar.

“Lembaga ini sering disebut di Jakarta sebagai penjaga seni-seni yang tak terpakai, saat ini ada tiga kategori seni yang saya ketahui, yaitu seni yang tidak terpakai, seni yang membosankan dan seni yang tidak boleh dimasuki oleh Pemerintah, tetapi semua itu tetap dijaga,” terang Husnizar.

Pada kesempatan itu, Husnizar juga mengingatkan atas kasus yang terjadidi Indonesia yang pada akhirnya symbol dari kebudayaanlah yang digunakan sebagai pemersatu.

“Masih ingatkah kita ketika terjadi kasus besar di Negara kita? Hampir semua masyarakat memasang simbol budaya dan mengedepankan budaya sebagai alat pemersatu dalam menyelesaikan masalah, namun ketika tidakada masalah, dengan mirisnya kebudayaan dipinggirkan,” ujar Husnizar.

Sementara itu, Ketua Dewan KesenianTanjungpinang, Heru Untung Leksono yang saat itu didampingi oleh Ketua Dewan Kesenian Lingga, Hamzah H, ketika diwawancarai oleh awak Media ini usai Musda tersebut berlangsung turut memberikan tanggapan terkait terpilihnya Raja Ahmad Helmi secara aklamasi menjadi Ketua Dewan KesenianKepulauan Riau yang baru.

“Sejuk Musda ini, tidak ada calon lain, Raja Helmi kandidatnya,” katanya.

Turut hadir dalam Musyawarah tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri Ir. Yerri Suparna, MM, Kepala Sekolah SMA/SMK se- Kota Tanjungpinang, serta Dewan Kesenian Kabupaten/Kota se Kepri. (AA).

Editor : Febri