Beranda Serba-Serbi Advetorial Kecamatan Tanjungpinang Barat Gelar Rapat Koordinasi RT/RW Untuk Menghasilkan Netralitas Menuju Pemilu

Kecamatan Tanjungpinang Barat Gelar Rapat Koordinasi RT/RW Untuk Menghasilkan Netralitas Menuju Pemilu

123
0

Tanjungpinang, GK.com – Kecamatan Tanjungpinang Barat menggelar Rapat Koordinasi bersama Forum RT/RW, Lurah dan Uspika Kecamatan Tanjungpinang Barat, di Aula Kantor Camat Tanjungpinang Barat, Selasa (18/12).

Camat Tanjungpinang Barat Riwayat, S.Sos poto bersama Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhammad Zaini, dan Foru RT/RW.

Dalam rapat yang di gelar pada pukul 08.30 Wib tersebut mengambil tema “Netralitas Ketua RT/RW Menuju Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden Tahun 2019”.

Camat Tanjungpinang Barat, Riwayat, S.Sos saat sesi tanya-jawab

Dalam sambutannya, Camat Tanjungpinang Barat, Riwayat, S.Sos mengatakan, kegiatan ini merupakan rutinitas yang digelar di Kecamatan Barat bersama pihak Kelurahan dan Forum RT/RW se- Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Pada kesempatan itu, Camat Tanjungpinang Barat menghimbau kepada semua para calon legislatif yang mengikuti pencalonan dari Kecamatan Tanjungpinang Barat untuk dapat mematuhi peraturan dalam masa kampanye pada Pemilu mendatang.

Salah satu RT yang hadir dalam sesi tanya-jawab

“Saya berharap kepada para Calon Legislatif agar dapat mematuhi peraturan sesuai aturan yang telah ditetapkan, dan bagi masyarakat jika ada yang melihat para calon legislatif tersebut saat dilapangan melakukan kecurangan, agar segera melaporkan kepada pihak yang terkait,” tegas Riwayat.

Wawako Tanjungpinang saat memberikan sambutannya

Sementara itu, Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, yang hadir  pada rapat tersebut mengatakan bahwa RT dan RW mempunyai peran penting di tengah-tengah masyarakat.

“Saya berharap para RT/RW haruslah menghindari yang namanya berita Hoax, memberikan edukasi, memberikan informasi yang positif, serta mensosialisasikan tata cara maupun aturan pelaksanaan di dalam pemilu mendatang, agar masyarakat Tanjungpinang menjadi pemilih yang cerdas,” harap Rahma.

Suasana saat rapat berlangsung

“Bagi para RT/RW yang ada di Kota Tanjungpinang, saya juga menghimbau agar selalu bersikap netral, demi mewujudkan pelaksanaan pemilu yang damai, sebagai pengayom masyarakat tentunya kita haruslah mampu berdiri tegak dan mampu menjaga masyarakat agar tetap kondusif,” pinta Rahma.

“Marilah kita terus berjuang untuk Kota Tanjungpinang,  mari kita bersama-sama mewujudkan pemilu yang adil, jujur dan damai, demi suksesnya Pemilu 2019 mendatang,” ajak Rahma.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini saat memberikan penjelasan 

Dikesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang sekaligus sebagai narasumber, Muhammad Zaini menjelaskan, pemilu merupakan sarana penting bagi penunjang dalam mewujudkan sistem ketatanegaraan secara demokratis, pemilu pada hakikatnya merupakan proses ketika rakyat sebagai pemegang kedaulatan memberikan mandat kepada para calon pemimpin untuk menjadi pemimpinnya.

“Pemilu 2019 ini merupakan pemilu paling pertama dalam sejarah Indonesia yang dilakukan pemilihan legislatif sekaligus pemilihan presiden dan wakil presiden secara serentak di hari yang sama,” ungkapnya.

Camat Tanjungpinang Barat bersama Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang

 “Untuk meciptakan pemilu yang aman dan damai, itu adalah peran kita semua, pelaksanaan pemilu yang baik dan berkualitas tentunya akan melahirkan harapan pemimpin yang lebih baik dan berkualitas,” terang Zaini.

Lanjut Zaini menjelaskan, ada 5 sumbu yang berfungsi dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas yaitu, penyelenggara yang berintegritas dan profesionalitas, kontestan yang taat aturan dan tidak melakukan kecurangan, partisipan yang sadar hak konstitusional dan menjadi pemilih cerdas, keamanan sosial politik yang terjaga dengan baik, serta media yang informatif dan edukatif.

“Demi menjadikan pemilu yang damai, kita harus saling menjaga kepercayaan, menjaga suasana tetap nyaman tanpa ada rasa ketakutan dan saling mencurigai”. tutup Zaini.

Hadir pada acara tersebut Wakil Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, Camat Tanjungpinang Barat Riwayat, S.Sos, Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhammad Zaini, para Lurah se- Kecamatan Tanjungpinang Barat, Unsur Pimpinan Kecamatan Tanjungpinang Barat, Forum RT/RW se- Kecamatan Tanjungpinang Barat, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) se- Kecamatan Tanjungpinang Barat, serta tamu undangan lainnya. (AY).

Editor : Ani