Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Program KOTAKU, DLH Kota Tanjungpinang Bagikan 350 Tanaman Kepada Warga Kampung Bugis

Program KOTAKU, DLH Kota Tanjungpinang Bagikan 350 Tanaman Kepada Warga Kampung Bugis

119
0

Tanjungpinang, GK.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tanjungpinang menyelenggarakan Kegiatan Penghijauan Lingkungan di Kampung Bugis, tepatnya dihalaman Surau Nurul Hajj, Gg Kasturi, Kelurahan Kampung Bugis, Selasa (11/12) pukul 11.00 Wib.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Penyelenggara, Syafrianti ST, mewakili Kepala DLH Kota Tanjungpinang mengatakan, “tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk menghijaukan lingkungan disekitar Kampung Bugis, terutama dilokasi yang masuk dalam Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU),” ujarnya.

Adapun tema dari kegiatan ini, lanjut Syafrianti menjelaskan adalah tentang “Penanaman dan Penyerahan Tanaman Dalam Pot”, yang akan diserahkan langsung kepada masyarakat melalui koordinasi dari Ketua RT dan RW masing-masing, yaitu berupa bibit tanaman pohon jeruk dan lemon yang jumlahnya ada sekitar 350 batang dengan bahan pendukung berupa pot, tanah hitam, dan pupuk.

“Sementara itu, untuk anggaran kegiatan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Tanjungpinang Tahun Anggaran 2018,” terangnya.

“Tujuan kita memilih lokasi ini karena masuk dalam Program Kotaku, program ini adalah hasil dari kolaborasi antara beberapa Satker Dinas dengan posisi target kita memang penghijauan untuk di pelantar-pelantar,” jelas Syafriyanti saat ditemui media ini di sela-sela akhir acara berlangsung.

“Disamping itu, saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak-pihak terkait dan masyarakat yang sudah turut hadir berpatisipasi di dalam kegiatan ini, Alhamdulillah 350 pot yang kita sediakan untuk dilokasi ini sudah habis terbagi semua kepada seluruh masyarakat disekitar sini,” paparnya.

Dikesempatan itu, Syafrianti juga berharap kepada para warga yang menerima bibit tanaman pohon jeruk dan lemon itu, agar dapat merawat tanaman tersebut dengan baik.

Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tanjungpinang, Drs. H. Ahadi yang saat itu mewakili Walikota Tanjungpinang, dalam sambutannya menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang No. 17 Tahun 2007 terkait Kota Tanpa Pemukiman Kumuh dan Amanat Internasional, target ke-11 yaitu memastikan akses kepada masyarakat terhadap seluruh rumah dan pelayanan dasar yang aman, layak, terjangkau, serta peningkatan kualitas bagi seluruh pemukiman kumuh untuk di tahun 2030.

“Pemerintah telah menetapkan target Nasional dalam RPJMN 2015-2019 berupa penyediaan hunian yang layak huni dan penentasan kemiskinan,” terang Ahadi.

“Dari kunjungan Pemerintah Pusat secara Nasional, Pemerintah Kota Tanjungpinang menindaklanjuti untuk memberikan penghijauan pada kawasan-kawasan rumah kumuh,” ujar Ahadi

“Program tahun 2018 ini melalui APDB Perubahan, ternyata DLH mengambil bagian untuk penghijauan dengan penanaman pohon yang akan ditempatkan di setiap pos, pelantar ataupun dihalaman rumah yang nantinya tanaman ini akan memberikan keindahan serta warna tersendiri untuk wilayah Kampung Bugis ini,” tutur Ahadi.

“Tanaman-tanaman yang dipilih adalah jeruk dan lemon, karena tanaman ini mampu membunuh sel-sel kanker yang ada, agar masyarakat disini juga bisa menggunakannya sebagai obat-obatan, selain itu juga bisa di konsumsi,  harganya juga sangat bersaing di pasaran, tentunya akan menambahkan pendapatan bagi perekonomi masyarakat di kampung ini,” jelas Ahadi.

Ahadi juga berharap kepada masyarakat di Kampung Bugis, kedepannya jangan terlalu monoton, karena kita hendaknya dituntut sebagai masyarakat haruslah kreatif, memberikan inovasi-inovasi yang, serta ada kemauan sendiri untuk bekerja, guna meningkatkan pendapatan perekonomian di kampung ini dan juga menjadikan kampung ini mempunyai ciri khas tersendiri untuk meningkatkan daya tarik terhadap para wisatawan yang datang.

Dalam kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tanjungpinang, Drs. H. Ahadi, dan dihadiri oleh Kepala Badan Penelitian dan Pembangunan (Bapelitbang) Kota Tanjungpinang Drs. Surjadi, MT, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Kebersihan dan Pertanaman (Perkim) Kota Tanjungpinang Amrialis, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang Raja Khairani, Camat Tanjungpinang Kota Nasrizal, S.Sos, Lurah Kampung Bugis, para anggota Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman (Satker PKP) Kepulauan Riau, Satuan Kerja Pembangunan Infrastruktur Pemukiman (Satker PIP) Kota Tanjungpinang, Ketua KOTAKU, para Kelompok Sadar Wisata, para RT/RW dan Warga Setempat. (AY).

Editor : Ani