Jumat, Juli 26, 2024
spot_img

Kepulauan Riau Unggul di Bidang Maritim

GUBERNUR Kepri Nurdin Basirun mengatakan bahwa banyak hal yang perlu ditingkatkan untuk menjadikan Kepri unggul dibidang maritim. Untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan peran dan dukungan semua pihak.

“Kedatangan beliau (Dahlan Iskan,red) kita jadikan momen untuk kita sharing pengetahuan dan masukan dalam pembangunan,” ujar Nurdin saat jamuan makan malam bersama Dahlan Iskan di Restoran Sei Nam, Jl. Teluk Kriting, Tanjungpinang, Ahad (5/8) malam.

Kedatangan Dahlan yang merupakan tokoh nasional, mantan Menteri serta sosok yang juga bergerak dibidang pengusaha menjadi sasaran yang tepat, Nurdin mengatakan bahwa pemerintah bersama pengusaha layaknya dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan dan keduanya harus saling melengkapi.

“Masukan dan saran yang berharga dari beliau patut kita ambil dan jadikan bahan yang berharga,” lanjut Nurdin.

Nurdin menambahkan Kepri sebagai daerah Kepulauan yang saat ini memiliki pergerakan yang cukup gesit dibidang industri dengan kota Batamnya perlu diiringi dengan bangkitnya sektor lain. Pemerataan pembangunan perlu dilakukan apalagi status Kepri sebagai garda terdepan.

“Kita harus jeli melihat potensi yang ada, misalkan pariwisata yang terus tumbuh kita perlu pertahankan dan tingkatkan,” tambah Nurdin lagi.

Selain sektor industri dan pariwisata, menurut Nurdin kepri pun membutuhkan kelengkapan infrastruktur, yang mana hal itu merupakan pondasi yang penting dalam berjalannya setiap proses pembangunan dan kelancaran roda kehidupan masyarakat.

Tanjungpinang sendiri kata Nurdin juga terus melakukan peningkatan diberbagai sektor, apalagi status nya saat ini juga sebagai Ibu Kota Provinsi.

“Pembangunan Tanjungpinang terus beranjak naik selain sektor pariwisata yang masih menjadi daya tarik, infrastruktur yang perlahan tebangun tinggal bagaimana kita tingkatkan regulasi-regulasi yang ada saat ini ” tutup Nurdin.

Sementara itu, Dahlan Iskan mengaku mendapat banyak masukan yang penting dalam jamuan makan malam hari ini baik itu datang dari Gubernur Nurdin maupun sejumlah pengusaha yang hadir.

“Program kemaritiman yang dibahas malam ini sangat penting untuk kita perjelas meskipun membutuhkan pendanaan yang besar, itu yang harus kita perhatikan, skala prioritas perlu dilakukan,” kata Dahlan.

Pembahasan yang diperbincangkan pada jamuan makan malam itu mengerucut pada pentingnya infrastruktur pelabuhan, mengingat Kepri dengan banyaknya pulau maka mobilitas arus.

Seiring berjalannya waktu kebutuhan pelabuhan akan semakin mengingkat seiring dengan banyaknya kapal besar, Dahlan mengatakan perlu pembagian antara pelabuhan dalam dan tidak, pelabuhan barang maupun penumpang.

“Pelabuhan harus semakin relevan, pembangunan jangka menengah patut kita kerjakan dan jangan sampai terjadi tumpang tindih,” tutup Dahlan. (ADV)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink