Jumat, Juli 19, 2024
spot_img

DPRD Kepri Dukung Pembentukan BUMD Energi dan Penyertaan Modal

Tanjungpinang, GK.com – DPRD Provinsi Kepulauan Riau telah menyatakan dukungan penuh terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Energi Kepri dan Ranperda tentang Penyertaan Modal BUMD Energi Kepri. Dukungan ini disampaikan dalam Rapat Paripurna Masa Sidang Ke-2 Tahun Anggaran 2024 yang digelar di Ruang Balairung Wan Seri Beni, Pulau Dompak. Rabu, 12 Juni 2024.


Fraksi-fraksi DPRD menyampaikan pandangan umum mereka terhadap kedua Ranperda tersebut. Yudi Kurnain dari Fraksi Harapan menekankan pentingnya pembentukan BUMD Energi Kepri untuk meningkatkan profesionalisme dan kinerja pengelolaan energi di Kepulauan Riau. Ia juga menyoroti potensi Participating Interest (PI) 10% dalam pengelolaan wilayah kerja migas sebagai peluang bagi BUMD untuk berkontribusi dalam peningkatan pendapatan daerah dan akses energi bagi masyarakat.

Sementara itu, Bobby Jayanto dari Fraksi Nasdem menyoroti pentingnya penyertaan modal yang memadai untuk mendukung partisipasi BUMD dalam pengelolaan migas. Ia memandang investasi di bidang migas sebagai terobosan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang selama ini belum mengalami kenaikan signifikan.


Dalam rapat paripurna tersebut, seluruh fraksi DPRD sepakat untuk menyetujui dan mendukung kedua Ranperda tersebut. Hal ini menunjukkan komitmen DPRD untuk mendorong pengelolaan energi yang lebih baik dan peningkatan pendapatan daerah melalui BUMD Energi Kepri.

Dengan dukungan dari DPRD, diharapkan Ranperda BUMD Energi Kepri dan Ranperda Penyertaan Modal BUMD Energi Kepri dapat segera disahkan menjadi Peraturan Daerah. Hal ini akan menjadi langkah penting dalam mewujudkan pengelolaan energi yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel di Provinsi Kepulauan Riau.(*)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink