Kamis, Juni 20, 2024
spot_img

Groundbreaking Terminal II Bandara Hang Nadim

Batam, GK.com – BP Batam telah memulai langkah besar dengan Groundbreaking Ceremony untuk pembangunan Terminal II Bandara Internasional Hang Nadim pada 30 Mei 2024. Upacara yang simbolis ini, yang diadakan di samping area kargo lama bandara, diresmikan oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, melalui serangkaian ritual tradisional yang mencakup pemukulan beduk, pemotongan pita, dan penekanan tombol sirine.

Muhammad Rudi menyatakan bahwa pembangunan Terminal II ini merupakan tonggak penting dalam sejarah pengembangan Bandara Hang Nadim, yang akan mengubahnya menjadi bandara bertaraf internasional yang lebih maju dan modern. “Mari kita dukung pembangunan ini, sebagai bagian dari upaya kita bersama untuk mencapai visi Batam sebagai kota baru yang maju,” ujar Rudi.

Terminal II ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas bandara, memperkuat konektivitas udara, dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Batam, dengan menarik lebih banyak wisatawan dan investor.

Rudi menekankan pentingnya kolaborasi antara BP Batam dan PT BIB dalam mewujudkan proyek ini, dengan harapan bahwa pembangunan dapat selesai tepat waktu dan sesuai dengan standar yang telah disepakati.

Direktur PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, juga menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan pembangunan tepat waktu, dengan dukungan dari konsorsium yang terdiri dari Incheon, AP 1, dan WIKA. Pikri menyebutkan bahwa desain Terminal II telah melibatkan konsultan dari Korea, menghasilkan konsep yang futuristik dan mewah, namun tetap menghormati kearifan lokal dengan elemen-elemen seperti bentuk kepak sayap burung elang dan batik, serta flora dan fauna khas Kepri.

Dengan luas lahan 50.000 m^2 dan nilai investasi sebesar Rp 2,4 Triliun, Terminal II diharapkan selesai pada tahun 2026. Terminal baru ini akan memiliki kapasitas untuk 9,6 juta penumpang, tempat parkir baru, apron yang dapat menampung 10 pesawat tambahan, dan pengembangan destinasi penerbangan internasional.

Proyek Terminal II Bandara Hang Nadim ini diharapkan menjadi katalisator yang akan membawa Batam menjadi kota yang lebih maju dan modern, dengan infrastruktur yang memadai dan visi yang jelas menuju masa depan yang cerah.(*)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img