Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Kantor Imigrasi Karimun Raih Prestasi di Tahun 2023

Karimun, GK.com – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun berhasil mencapai berbagai prestasi di tahun 2023. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Imigrasi Karimun, Zulmanur Arif, dalam rilis yang diterima media ini , Kamis (4/1/2024).

Menurut Zulmanur, Kantor Imigrasi Karimun telah melaksanakan tugas dan fungsi keimigrasian dengan baik dan optimal. Hal ini terlihat dari beberapa indikator kinerja yang dicapai, antara lain:

Penyerapan anggaran DIPA tahun 2023 mencapai 99,45% dari pagu awal sebesar Rp. 7.626.034.000,-.

Penerimaan pendapatan negara bukan pajak tahun 2023 mencapai Rp. 10.579.849.500,-, melebihi target sebesar Rp. 3.368.967.999,- atau 313,84%.

Penerbitan paspor biasa 48 hal sebanyak 21.972 buah dan paspor elektronik sebanyak 362 buah.

Pelaksanaan layanan Eazy Passport di tujuh lokasi dengan total 396 pemohon.

Penolakan keberangkatan WNI sebanyak 773 orang dan penolakan kedatangan WNA sebanyak 18 orang di TPI.

Perlintasan WNA dan WNI di TPI sebanyak 474.470 orang untuk kapal reguler.

Penerbitan izin tinggal keimigrasian sebanyak 491 buah, dengan negara terbanyak adalah China, India, Filipina, Thailand, Italia, Malaysia, Singapura, Pakistan, Myanmar.

Tindakan administrasi keimigrasian sebanyak 24 buah, deportasi sebanyak 26 orang, rapat tim Pora sebanyak 2 kali, operasi gabungan tim Pora sebanyak 2 kali, operasi mandiri sebanyak 21 kali, dan penyelidikan intelijen sebanyak 40 kali.

Sosialisasi pengembangan M-Paspor, peran imigrasi dalam pencegahan TPPO, desa binaan imigrasi, dan inovasi layanan kantor imigrasi.

Pemusnahan arsip fisik substantif keimigrasian tahun anggaran 2023.

Selain itu, Kantor Imigrasi Karimun juga mendapatkan beberapa penghargaan dari berbagai pihak, antara lain:

Piagam Penghargaan Meraih Predikat Terbaik III atas Capaian Kerja Teknis Keimigrasian Oktober 2022-2023 oleh Kanwil Kepri.

Piagam Penghargaan Meraih Predikat Terbaik II atas Capaian Hasil Survey Integritas Oktober 2022-2023 oleh Kanwil Kepri.

Piagam Penghargaan Atas Pelayanan yang Diberikan kepada Masyarakat Terkait Penerbitan Dokumen Perjalanan Luar Negeri (Paspor) oleh Ketua DPRD Kabupaten Karimun.

Piagam Penghargaan Karena Telah Berperan Aktif dalam Mendukung Program P4GN di Kabupaten Karimun oleh Kepala BNN Kabupaten Karimun.

Inovasi Terbaru pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun Tahun 2023 antara lain :

SINI PAPA (Sistem Pendeteksian Dini Penerbitan Paspor)

SIP PRHATA (Sistem Informasi Permohonan Paspor Rusak, Hilang, dan Perubahan Data)

SILAU (Imigrasi Antar Pulau)

SITELA (Imigrasi Televisi Layanan)

SIPATU LAPOR (Sistem Penatausahaan Blangko Paspor)

Zulmanur mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai dan masyarakat Karimun yang telah mendukung kinerja Kantor Imigrasi Karimun. Ia juga berharap agar prestasi yang diraih dapat dipertahankan dan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang.

“Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan keimigrasian yang prima, profesional, dan humanis kepada masyarakat. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka menjaga kedaulatan dan keamanan negara di bidang keimigrasian,” ujar Zulmanur. (***)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img