Jumat, Juli 19, 2024
spot_img

APE Nindya, Bukti Komitmen Karimun untuk Kesetaraan Gender

Karimun, GK.com – Pemerintah Kabupaten Karimun mendapat penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Selasa, (19/12/2023).

Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi upaya dan prestasi Pemerintah Kabupaten Karimun dalam menerapkan Pengarusutamaan Gender, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak dalam pembangunan daerah. Penilaian ini didasarkan pada data tahun 2021 dan 2022 dengan tahapan verifikasi administrasi, lapangan, dan final.

Pengarusutamaan Gender adalah strategi yang diwajibkan oleh Inpres No. 9/2000 untuk menciptakan kesetaraan gender dalam masyarakat yang sejahtera dan adil. Kabupaten Karimun telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan strategi ini. Sejak tahun 2014, Kabupaten Karimun telah meraih lima penghargaan APE dengan kategori yang berbeda-beda.

Acara pemberian penghargaan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim, M.Si dan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Drs Fajar Harison Abidin, MM. Mereka menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas penghargaan ini. Mereka juga menyatakan bahwa penghargaan ini bukan hanya sebagai penghormatan, tetapi juga sebagai tonggak sejarah yang menegaskan posisi Kabupaten Karimun sebagai pionir dalam membangun masyarakat yang berbasis kesetaraan, pemberdayaan, dan perlindungan.

Kabupaten Karimun telah berhasil menciptakan lingkungan yang inklusif dan setara bagi semua warganya dengan mengimplementasikan berbagai inisiatif dan program yang berpihak pada isu-isu gender, perempuan, dan anak. Hal ini telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Karimun.

Dengan meraih APE Kategori Nindya, Kabupaten Karimun semakin diakui sebagai contoh teladan dalam upaya menciptakan masyarakat yang adil dan berkeadilan. Keberhasilan ini juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan prestasi dan melibatkan masyarakat dalam setiap langkah pembangunan.(***)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink