Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Peringatan HUT Armada RI ke-78, Lanal Tarempa Gelar Ragam Kegiatan

Anambas, GK.com – Dalam rangka memperingati Hari Armada Republik Indonesia pada tanggal 05 Desember 2023, Lanal Tarempa mengadakan ragam kegiatan yang menunjukkan semangat dan komitmen Armada RI dalam membangun kekuatan laut nusantara menuju Indonesia maju. Tema peringatan tahun ini sesuai dengan visi dan misi Armada RI.

Salah satu kegiatan yang digelar adalah Upacara Tabur Bunga di Laut yang berlangsung di perairan Teluk Tarempa dari atas Kal Pulau Siantan I.4-52. Kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan laut yang telah berkorban dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara di laut. Upacara ini dipimpin oleh Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Ibni Jauhari dan diikuti oleh seluruh anggota Lanal Tarempa, termasuk Ketua dan Pengurus Cabang 3 Korcab IV DJA serta Pengurus Jalasenastri.

Selain itu, Lanal Tarempa juga menyelenggarakan Baksos Pengobatan Massal di Desa Belibak Kampung Bahari Nusantara. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan kemanunggalan Armada RI dengan masyarakat, khususnya di wilayah terpencil dan perbatasan. Baksos ini memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga desa, seperti pemeriksaan kesehatan, pengobatan, pemberian vitamin, dan penyuluhan kesehatan.

Puncak peringatan Hari Armada RI ke-78 di Lanal Tarempa adalah Upacara HUT Armada RI yang digelar di lapangan Napoleon Markas Lanal Tarempa pada hari Selasa 05 Desember 2023. Dalam upacara ini, dibacakan Sejarah Singkat Armada TNI Angkatan Laut dan Amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E, M.M., M.Tr. Opsla oleh Pgs. Palaksa sebagai Inspektur Upacara. Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Laut menekankan pentingnya Armada RI untuk terus meningkatkan kekuatan dan kemampuan lautnya dalam menghadapi tantangan dan tuntutan lingkungan strategis saat ini. Armada RI harus adaptif dan responsif terhadap setiap potensi ancaman yang mengganggu keamanan dan kedaulatan negara di laut. Armada RI juga harus menjadi simbol kekuatan dan komitmen TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas dan perannya. (***)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img