Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Visa on Arrival, Tuntutan Gubernur Ansar untuk Pariwisata Kepri

Bintan, GK.com – Bintan Triathlon kembali berlangsung sukses setelah absen selama 3 tahun dan diikuti oleh lebih dari 500 peserta dari 35 negara. Acara ini menjadi momentum bagi Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad untuk menuntut kebijakan Visa on Arrival (VoA) yang lebih fleksibel.

Gubernur Ansar menyampaikan hal ini dalam konferensi pers setelah membuka Bintan Triathlon 2023 di Lagoi Bay, Bintan, Sabtu (21/10). Ia menilai, agar Kepri bisa bangkit sebagai destinasi pariwisata unggulan di Indonesia pasca pandemi, kebijakan Visa on Arrival di Kepri harus segera ditetapkan.

“PR kita adalah kita harus terus mendesak pemerintah pusat agar Visa on Arrival (VoA) bisa dihapuskan, atau jika tidak mungkin, kita minta kemudahan agar diterapkan short visa” katanya.

Gubernur Ansar menjelaskan, jika penghapusan VoA tidak memungkinkan, short visit visa dengan tarif lebih murah bisa menjadi pilihan untuk menarik minat wisatawan asing ke Kepri.

“Terlebih untuk acara singkat seperti triathlon ini, sangat penting short visit untuk wisatawan kita karena tidak bisa menyamaratakan wisatawan kita yang saat ini rata-rata tinggal 3,5 sampai 4 hari” ujar Gubernur Ansar.

Hal ini disetujui oleh Dubes RI untuk Singapura, Suryopratomo. Menurutnya, fakta bahwa Bintan adalah daerah pertama yang dibuka untuk pariwisata pasca pandemi covid 19 harus dimanfaatkan. Setelah dibuka, maka acara-acara seperti ini yang menjadi daya tarik bagi wisatawan asing.

“Semoga usaha kita bersama terus melobi kepada Dirjen Imigrasi dan Pemerintah Pusat bisa didengarkan dan kebijakan VoA segera diberlakukan” ucapnya.

Sementara itu GM PT. BRC Abdul Wahab sebagai penyelenggara acara bersama Trifactor Singapore mengakui bahwa event kali ini jumlah pesertanya lebih sedikit dari penyelenggaraan sebelum covid19, salah satu faktornya adalah masalah visa on arrival.

“Kami sangat berharap dengan adanya visa on arrival yang singkat, yang sebelumnya 50 dollar, menjadi misalnya 10 dollar ini akan membuat lebih banyak peminat yang mau datang untuk berpartisipasi dalam acara-acara di Bintan” tuturnya. (ron).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img