Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

DPMPTSP Bintan Tegur Pelaku Usaha yang Belum Daftar OSS RBA

Bintan, GK.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bintan mengingatkan pelaku usaha untuk segera mendaftarkan perizinan usahanya secara online melalui sistem OSS RBA.

Gumala Novita, Kabid Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), menjelaskan bahwa saat ini perizinan usaha dilakukan melalui situs www.oss.go.id untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Selanjutnya, berdasarkan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) dan tingkat risiko, akan ditentukan apakah usaha tersebut memerlukan persyaratan lanjutan atau tidak.

“Ada beberapa kendala yang kami temui dalam pelayanan perizinan usaha ini. Di sisi eksternal, masih banyak pelaku usaha yang belum memahami kewajiban pemenuhan persyaratan perizinan usaha sesuai dengan KBLI yang dipilih. Selain itu, ada juga masalah terkait penerbitan KKPR otomatis yang belum sesuai dengan pola ruang. Kami juga belum bisa menyosialisasikan informasi perizinan usaha secara maksimal kepada pelaku usaha,” ujar Mala, Kamis (31/08/2023).

“Di sisi internal, kami juga masih memiliki kekurangan, yaitu belum semua aparatur ASN memiliki sertifikasi Diklat penanaman modal,” tambahnya melalui pesan Whatsapp.

Mala mengatakan bahwa berdasarkan data dashboard OSS, kegiatan usaha dengan pendaftaran KBLI tertinggi di kabupaten Bintan adalah industri kerupuk. Saat ini, DPMPTSP sedang melakukan finalisasi penyusunan daftar pelaku usaha di kabupaten Bintan berdasarkan data OSS RBA. Daftar tersebut akan digunakan untuk melakukan pemantauan secara kontinyu kepada pelaku usaha yang terdaftar.

“Kami juga akan memberikan teguran kepada pelaku usaha yang belum memiliki izin usaha atau belum migrasi data dari OSS 1.1 ke OSS RBA. Kami mengimbau kepada pelaku usaha untuk segera melakukan pendaftaran OSS RBA agar tidak terkena sanksi,” tutup Mala. (NDY)

Editor : Ronny

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img