Beranda Kepulauan Riau Bintan Pemprov Kepri Beri Bantuan Pertanian Dan Hibah Rumah Ibadah

Pemprov Kepri Beri Bantuan Pertanian Dan Hibah Rumah Ibadah

0
Gubernur Ansar bersama anggota DPRD Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari saat menyerahkan bantuan secara simbolis. (Foto Diskominfo Kepri)
Gubernur Ansar bersama anggota DPRD Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari saat menyerahkan bantuan secara simbolis. (Foto Diskominfo Kepri)

Bintan, GK.com – Sejumlah Masjid dan Surau yang berada di Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan mendapatkan bantuan pertanian serta bantuan hibah rumah ibadah dari Provinsi Kepulauan Riau.

“Jarak yang jauh tidak menjadi penghalang kita untuk sering datang ke Tambelan. Kita akan terus memperhatikan kebutuhan masyarakat disini, meskipun jauh dari ibukota Provinsi dan Kabupaten Bintan,” ucap Ansar di Balai Adat Tambelan, Selasa (24/01/2023).

“Pergunakanlah bantuan pertanian ini secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan pangan di Tambelan. Karena terkadang kalau cuaca buruk, pasokan pangan dari luar susah masuk. Jadi ketahanan pangan di Tambelan harus kita upayakan,” pesan Ansar.

Sementara itu, bantuan dana hibah dari Biro Kesejahteraan Masyarakat untuk rumah ibadah di Tambelan secara total berjumlah Rp 225 juta, dengan rincian bantuan untuk Masjid Darussalam Dusun I Desa Pulau, Pengikik senilai Rp 100 juta yang merupakan usulan aspirasi anggota DPRD Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari. Lalu Musholla Raudhatul Iman Jl. Makam Sultan Abdullah Muayatsyah Desa Batu Lepuk senilai Rp 45 juta, Surau Baitul Ubudiyah Desa Kampung Hilir senilai Rp 40 juta, dan Surau Baitul Ubudiyah Desa Kampung Hilir senilai Rp 40 juta.

Tak ketinggalan, pada kesempatan itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga memaparkan pekerjaan infrastruktur yang dikerjakan Pemprov Kepri di Tambelan diantaranya, pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Dan Pertanahan (PUPP) Tahun 2022 berupa Pembangunan Jalan Utama Tambelan dengan Pagu Anggaran Rp 3 miliar. Tahun 2023 berupa Lanjutan Pembangunan Jalan Utama Tambelan dengan Pagu Anggaran sebesar Rp 2 miliar.

“Pengerjaan jalan untuk jadi jalan yang layak juga menjadi prioritas kita, secara bertahap kita akan perbaiki jalan-jalan yang ada di Pulau terpencil dan terluar yang ada di Kepri ini,” tutur Ansar.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Kepri juga mengerjakan beberapa proyek diantaranya di Tahun 2022 dengan Pagu Rp 144.491.445,- berupa Semenisasi Jalan Tengku Sendut yang merupakan usulan dan aspirasi anggota DPRD Provinsi Kepri Hanafi Ekra.

Tahun 2023 Dinas Perkim Pemprov Kepri menggelontorkan anggaran dengan Pagu Rp 3.550.000.000 untuk Pembangunan Jalan Seminisasi Telok Abik Desa Batu Lepuk dengan Pagu Rp 420.000.000, Pembangunan Jalan Seminisasi Batu Penepat Desa Lepok dengan Pagu Rp 880.000.000, Pembangunan Jalan Seminisasi Batu Parang Desa Kampung Hilir dengan Pagu Rp 220.000.000, Pembangunan Jalan Seminisasi JL. Hasan  Ghazali Kelurahan Teluk Sekuni dengan Pagu Rp 580.000.000, Rehab Jalan Gang Wilayah RT 01 sampai  RT 04 Desa Kampung Melayu dengan Pagu Rp 420.000.000, Pembangunan Jalan Pejantan RT 03 RW 01 Desa Pulau Mentebung dengan Pagu Rp 850.000.000, serta Peningkatan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) Penepat Desa Batu Lepuk dengan Pagu Rp 180.000.000 yang merupakan Usulan dan Aspirasi anggota DPRD Provinsi Kepri Drs. Khazalik.

Tidak hanya itu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri juga mengalokasikan Bantuan 2 unit kapal 5 GT dengan Pagu Anggaran Rp. 390.000.000. Sementara Dinas Perhubungan mengerjakan Pengadaan dan Pemasangan Dermaga Apung HDPE Pelabuhan Bandara Tambelan dengan Pagu Anggaran sekitar  Rp 2.191.601.400 yang sampai saat ini masih dalam tahap penyelesaian.

“Ponton HDPE itu akan memudahkan masyarakat untuk bersandar di Pelabuhan Bandara Tambelan, jadi akses transportasi dari Pelabuhan ke Bandara bisa lebih mudah dan cepat”. harap Ansar.

Untuk diketahui, Pulau Tambelan merupakan Kecamatan terluar dan paling terpisah jauh dari pusat Kabupaten Bintan. Hal inilah yang membuat Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad kerap melakukan kunjungan ke Kecamatan tersebut untuk melihat langsung kondisi masyarakat serta infrastruktur yang ada.

Adapun bantuan Pertanian yang diberikan dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri adalah untuk kelompok tani di Tambelan berupa, 10 unit cultivator, 2 ton pupuk NPK, dan 2 ton pupuk organik. (QQ).

Editor : Sai