Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Pagu Anggaran BP Batam Tahun 2023 Dua Triliun Lebih

Jakarta, GK.com – Bertempat di Gedung Nusantara 1 Jakarta pada Kamis (22/9/2022), BP Batam menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI.

Pada Rapat yang membahas tentang Penyesuaian Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-K/L) Tahun 2023 sesuai Hasil Penyesuaian Badan Anggaran DPR RI itu, turut hadir Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto, anggota Bidang Kebijakan Strategis Enoh Suharto, anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi Sudirman Saad, anggota Bidang Pengusahaan Wan Darussalam, serta sejumlah pejabat eselon 2.

Dikesempatan itu, Kepala BP Batam Muhammad Rudi  memaparkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) BP Batam Tahun 2023 yakni, peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta sektor prioritas Nasional dengan mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan.

“Rencana Kerja dan Anggaran BP Batam Tahun Anggaran 2023 merupakan unsur dari Prioritas Nasional 2 (dua) RKP Tahun 2023, yaitu Mengembangkan Wilayah Untuk Mengurangi Kesenjangan dan Menjamin Pemerataan dengan 4 (empat) fokus pembangunan yaitu, Industri Manufaktur, Jasa, Pariwisata, dan Logistik,” ujar Muhammad Rudi. 

Program pertama merupakan program Dukungan Manajemen, kegiatan utamanya yakni kegiatan operasional seperti kepegawaian, pemeliharaan, dan jasa.

Program 4 Pengembangan Kawasan Strategis adalah kegiatan yang mendukung peningkatan investasi, yaitu kegiatan yang mendukung prioritas Nasional, khususnya pengembangan infrastruktur seperti Peningkatan Jalan Koridor Utama dari Pelabuhan Batu Ampar ke Bandara Hang Nadim Batam, Pengerukkan Kolam Dermaga Baru Terminal Pelabuhan Curah Cair Kabil, dan Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Minum.

“Di samping itu, pembangunan infrastruktur pendukung prioritas Nasional dan prioritas BP Batam juga kami laksanakan melalui sumber pendanaan dari PNPB, diantaranya Peningkatan Jalan Yos Sudarso Tahap 4, Peningkatan Jalan Hang Jebat, Perbaikan Ponton Pelabuhan Punggur, lanjutan Pengembangan Destinasi Wisata Taman Kolam dan Taman Rusa Sekupang, serta Peningkatan dan pengembangan fasilitas kawasan lainnya”. papar Rudi.

Dalam pertemuan sebelumnya, BP Batam telah memprogramkan kegiatan promosi investasi dan layanan lain dari BP Batam. Kegiatan tersebut akan memberikan dampak positif bagi BP Batam dalam menarik investasi dan memberikan layanan lainnya. 

Pimpinan Rapat Martin Manurung dari Fraksi Nasdem membacakan kesimpulan yang didiskusikan oleh seluruh anggota Dewan Komisi VI DPR RI.

 Ia menyatakan, Komisi VI DPR RI menyetujui pagu anggaran BP Batam Tahun 2023 untuk ditetapkan sebagai Pagu Alokasi Anggaran (Pagu Definitif) BP Batam Tahun 2023.

Pagu Belanja BP Batam dalam TA 2023   yaitu sebesar Rp 2.068.248.980.000,- (dua triliun enam puluh delapan miliar dua ratus empat puluh delapan juta sembilan ratus delapan puluh ribu rupiah).

Jumlah tersebut bersumber dari PNBP Badan Layanan Umum (BLU) sebesar Rp 1.782,3 miliar atau 86,17 persen; Rupiah Murni (RM) sebesar Rp 286 miliar atau 13,83 persen yang dialokasikan untuk dua program yaitu Program Dukungan Manajemen sebesar Rp 888,77 miliar (42,97 persen); dan Program Pengembangan Kawasan Strategis sebesar Rp 1.179,48 miliar (57,03 persen).

Komisi VI DPR RI berharap, dengan disetujuinya anggaran BP Batam Tahun 2023 pendapatan PNBP BLU dapat meningkat lebih dari Rp 2 Triliun. (*).

Editor : Sai

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles