Jumat, Juli 12, 2024
spot_img

Dua Orang Wartawan Gerbang Grup Dinyatakan Kompeten Oleh LPDS

Jakarta, GK.com Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) jenjang Muda, Madya, dan Utama yang di gelar oleh Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) di Jakarta bekerja sama dengan Dewan Pers, berjalan dengan lancar. Pelaksanaan UKW tersebut dilaksanakan  selama 3 hari, yaitu Selasa (9/8/2022) di laksanakan pra UKW, lalu Rabu dan Kamis (10-11) pelaksanaan uji kompetensi.

Dari hasil UKW tersebut, dua orang wartawan Gerbang Grup dinyatakan berkompeten oleh tim penguji, yaitu Irwindi untuk tingkat Muda, dan Raja Saida Nafisa tingkat Madya yang bersaing bersama puluhan wartawan lainnya dari seluruh Indonesia.

Raja Saida Nafisa, Meydia Hendra Yani, Irwindi


Adapun materi yang di ujikan pada peserta yakni, memahami dan melaksanakan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Hukum, serta Undang-Undang terkait Pers. Selain itu, ada juga mata uji Merencanakan Liputan, Rapat Redaksi, Liputan Terjadwal/Konferensi Pers, Wawancara Cegat, Menulis Berita, Menyunting Berita, Membangun Jejaring, Wawancara Tatap Muka dan Rubrikasi.

Staf Ahli Hukum dan Perundang-undangan LPDS, Hendrayana mengapresiasi para peserta yang ikut serta menjadi bagian dalam pelaksanaan UKW yang di gelar oleh LPDS Dr. Soetomo.


“Terima kasih banyak saya ucapkan kepada teman – teman yang ikut berpartisipasi bersama LPDS untuk meningkatkan profesionalisme wartawan. Terkait alumni kali ini, ke depan kita akan bekerja sama dengan Lembaga Bantuan Hukum Pers (LBHP) guna melindungi wartawan, maupun Perusahaan Pers yang tersandung kasus hukum,” ungkap Hendrayana.

Atas nama besar LPDS, saya doakan teman-teman dapat selamat sampai di tujuan. Selamat beristirahat, titip salam buat keluarga, dan sampai jumpa di lain waktu,” ucap Hendrayana.


Sementara itu, salah satu dari tim Penguji LPDS A.A. Ariwibowo mengatakan bahwa, UKW ini bukan sekedar mengajarkan lembaran materi uji Muda, Madya dan Utama.

“Dengan mengikuti UKW ini, wartawan sudah memiliki izin untuk mengudara sebagai profesi wartawan, yang mana sebagai modal menjalankan profesi dengan profesional,” jelas A.A. Ariwibowo.

Dikesempatan yang sama, Pemimpin Redaksi (Pimred) Gerbang Grup Meydia Hendra Yani mengapresiasi LPDS  yang telah mengadakan UKW perdana semenjak Covid-19 melanda.


“Alhamdulillah pelaksanaan UKW tahun ini berjalan dengan baik dan lancar dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat. Dan Alhamdulillah juga, dua orang wartawan kita dari tingkat Muda dan Madya dinyatakan lulus dan berkompeten,” tutur Kiki sapaan akrab Pemimpin Redaksi Media ini.

“Bagi wartawan yang telah dinyatakan berkompeten, janganlah cepat berbangga diri, teruslah belajar, dan jangan sombong. Pergunakanlah ilmu yang saudara dapatkan dengan semestinya. Dan bagi pihak-pihak yang sudah mendukung kinerja kami selama ini yang tidak bisa disebutkan satu per satu, termasuk kepada para Jejaring, saya mewakili Redaksi Gerbang Grup mengucapkan terima kasih”. (IWD).

Editor : Sai

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img