Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Tips Menambah RAM di Laptop yang Perlu Dilakukan

Tips menambah RAM Laptop perlu diketahui, mengingat banyaknya pengguna perangkat jinjing seperti Laptop. Komputer memang menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan saat ini. Selain ponsel, perangkat ini menjelma menjadi barang penting untuk melakukan berbagai pekerjaan.


Bahkan tidak hanya pekerja kantoran, para pelajar juga telah berkecimpung dengan perangkat teknologi satu ini. Poin penting dalam membeli Laptop yakni, memperhatikan kapasitas RAM yang ada. Jika terlanjur membeli Laptop dengan RAM rendah, lantas bagaimana cara menambahkan kapasitasnya? Mari simak ulasan pada artikel ini untuk menemukan jawabannya.


Cara Mudah Menambah RAM Laptop


Sudah menjadi rahasia umum jika harga Laptop dengan kapasitas RAM besar tergolong mahal. Sehingga kebanyakan orang membeli tipe menengah, kemudian menambahkan RAM sendiri. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menambah kapasitas penyimpanan perangkat:


● Periksa Kompatibilitas


Hal pertama yang perlu diperhatikan yakni memeriksa kompatibilitas Laptop. Di dalam sebuah Laptop pasti terdapat komponen slot RAM yang ditanam. Seperti DDR2 hingga DDR4. Masing-masing harus menyesuaikan dengan kebutuhan.


Cek juga kapasitas maksimal yang dapat ditampung Laptop tersebut. Jangan sampai melebihi batas. Misalnya, Anda membeli slot RAM berkapasitas 8 GB, sementara kemampuan RAM laptop yakni 4 GB.


Memastikan Adanya Slot RAM Kosong


Setiap merek dan tipe Laptop memiliki spesifikasi tersendiri. Ada yang memiliki satu slot dan ada pula yang menyediakan beberapa slot tambahan. Maka periksa terlebih dahulu jumlah slot yang ada di Laptop.


Jika memang terdapat slot lebih dari satu, maka Anda bisa menambahkan RAM. Namun jika hanya ada satu, maka solusi utamanya yakni membeli RAM baru yang lebih besar. Anda bisa cek sendiri dengan cara membuka bagian bawah Laptop untuk memeriksanya.


Slot tidak Disolder Permanen


Permainan produsen Laptop terkadang memang menyusahkan. Tidak jarang ada slot RAM yang disolder secara permanen. Hal ini membuat pengguna tidak bisa menambahkan RAM atau menggantinya begitu saja. Sehingga kemungkinan terbesar adalah membeli Laptop baru.


Menentukan Tipe serta Jenis RAM yang Tepat


Sejatinya ada beberapa jenis RAM yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, Anda tidak boleh terkecoh hingga salah dalam membeli. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pastikan berapa kapasitas RAM yang dimiliki.


Lebih baik mencocokan jenis yang sama. Tujuannya agar kinerja Laptop tidak terganggu. Pastikan juga untuk membeli merek serta transfer rate yang serupa. Laptop yang cukup mumpuni yang dilengkapi dengan kapasitas 4 GB. Kapasitas ini mampu menyimpan banyak file dalam perangkat.


Rekomendasi Laptop RAM 4Gb Terbaik


Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum mengganti RAM Laptop. Jika Anda berniat untuk membeli perangkat baru, tiada salahnya jika mengetahui beberapa rekomendasi Laptop RAM 4Gb. Berikut ini beberapa referensinya:

1. Laptop Acer Intel Celeron

Jika dilihat sekilas, perangkat jinjing satu ini cukup minimalis dan elegan. Dengan kombinasi warna yang cukup menarik, membuatnya banyak digandrungi. Terlebih lagi harga yang di tawarkan juga cukup terjangkau untuk semua kalangan.
Menariknya, Acer Intel Celeron telah dilengkapi dengan RAM 4G yang mumpuni untuk segala kebutuhan serta mobilitas tinggi. Dibekali pula dengan kinerja processor intel yang tergolong cepat ketika digunakan.

2. Xiaomi RedmiBook 15 Notebook

Bicara soal laptop tanggung dengan kisaran harga yang relatif terjangkau. Anda bisa memilih satu merek dari Xiaomi. Salah satunya yakni Xiaomi RedmiBook 15 Notebook. Menggunakan tenaga prosesor intel Core 3, perangkat ini cukup cepat dan efisien.

Begitu juga dengan kualitas layar interface yang ramah pandangan. Sehingga tidak membuat mata cepat lelah. Itulah yang membuat nyaman dan aman ketika difungsikan. Detail harga bisa langsung di lihat melalui Blibli.

3. Laptop Lenovo Ideapad

Produsen besar seperti Lenovo memiliki misi tersendiri untuk menciptakan perangkat unggul dengan harga bersaing. Seperti halnya dengan tipe satu ini. Ya, Lenovo Ideapad menjadi rekomendasi Laptop RAM 4Gb berikutnya.

Seri ini juga nyaman untuk Anda para pecinta gaming karena tetap lancar untuk bermain game. Menggunakan jenis processor intel/amd dengan kualitas layar yang jernih membuatnya menjadi rujukan banyak pengguna. Terlebih lagi dengan adanya audio dolby untuk kenyamanan kualitas suara.

4. Laptop Asus X441

Membeli sebuah Laptop memang tidak boleh sembarangan. Perlu ketelitian dan pemilihan tepat agar tidak kecewa. Salah satunya dengan memperhatikan kapasitas dan detail processor yang digunakan. Asus masuk dalam jajaran Laptop yang cukup diminati, karena kinerja yang baik dengan rentang harga bervariatif.

Brand teknologi ini mampu memanjakan para konsumen dengan kualitas Laptop murah namun tidak murahan. Seperti halnya tipe Asus X441. Menawarkan ukuran layar besar dan jernih, tipe sate ini cocok untuk semua kalangan. Memiliki ukuran 14 inch dengan dengan penyimpanan HDD 500 GB sampai dengan 256 SSD.

Mengetahui tips menambah RAM Laptop juga harus dibarengi dengan mencari referensi dari para ahli. Selain itu mengetahui sistem operasi yang terinstal. Namun jika ingin membeli berbagai perangkat komputer atau kebutuhan lain seperti RAM hingga membeli perangkat baru pastikan untuk memilih tempat yang tepat.

Jika Anda ingin mendapat unit Laptop RAM 4Gb terbaik seperti di atas, Anda bisa mendapatkannya di Blibli. Mengapa? Sebab marketplace satu ini memiliki garansi produk yang dapat diklaim oleh pembeli. Selain itu, semua produk yang dijual berkualitas serta memiliki harga yang kompetitif.

Di Blibli, Anda bisa menemukan berbagai kebutuhan komputer maupun peralatan elektronik lain hanya dengan memesan melalui ponsel. Sehingga tidak perlu bersusah payah keluar rumah. Tips menambah RAM laptop di atas hanya sebagai pengetahuan dan referensi untuk semua pembaca. (*).

Editor : Milla

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img