Beranda Kepulauan Riau Lingga Ketua DPRD Lingga Lantik Pengganti Jimmy AT

Ketua DPRD Lingga Lantik Pengganti Jimmy AT

153
0

Lingga,GK.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga menggelar Sidang Paripurna pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kabupaten Lingga sisa masa jabatan 2019-2024, Selasa (09/11/2021) di Ruang Sidang Paripurna, Sekitar pukul 10.00 Wib.

Hal ini berdasarkan ketentuan pasal 93 ayat 1 dan 3 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2018. Adapun anggota dewan yang digantikan adalah Jimmy AT yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Lingga Fraksi Partai PDI-Perjuangan. Jimmy AT digantikan oleh Simarito dikarenakan meninggal dunia, sedangkan Simarito terpilih karena Ia peraih suara kedua terbanyak setelah Jimmy AT.

Untuk diketahui, pelantikan anggota PAW ini berdasarkan petikan Keputusan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nomor 1266 Tahun 2021 tanggal 2 November 2021, tentang peresmian pengangkatan pergantian antar waktu anggota DPRD sisa masa jabatan 2019-2024 atas nama Simarito.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Lingga, Ahmad Nashiruddin menuturkan, berdasarkan amanat pasal 128 ayat 6 Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan pasal 114 ayat 1 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi Kabupaten/Kota dinyatakan anggota DPRD pengganti antar waktu sebelum memangku jabatannya harus mengucapkan sumpah janji yang dipandu oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna.

“Sumpah jabatan tersebut mengandung tanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Anggota DPR dan MPR juga wajib bertanggung jawab dalam memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Sumpah ini adalah janji terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran,” ujar Nashiruddin.
Sementara itu, Simarito mengaku siap menjalankan tupoksinya sebagai perwakilan rakyat.

“Tentunya ini salah satu langkah saya sebagai wakil rakyat dan bekerja untuk rakyat”. ucap Simarito.

Acara dilanjutkan dengan pemberian selamat oleh pimpinan DPRD kepada Simarito dan foto bersama. Dengan demikian, Simarito resmi menggantikan Jimmy AT di DPRD Kabupaten Lingga untuk sisa jabatan periode 2019-2024. (Mn).

Editor : Dina