Beranda Kepulauan Riau Tanjungpinang Minat Baca Masyarakat Kota Tanjungpinang Menurun

Minat Baca Masyarakat Kota Tanjungpinang Menurun

57
0
Kabid Pengembangan dan Perawatan, Finaliantry (Tengah) dan Para Kasi

Tanjungpinang,GK.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tanjungpinang tidak pernah berhenti untuk terus menigkatkan minat baca masyarakat. Meski pandemi, layanan baca buku di tempat masih tetap dibuka.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Perawatan, Finaliantry didampingi Kasi Akuisisi dan Pengembangan, Rita Susanti mengatakan, sebelum keadaan pandemi pihaknya membuka layanan baca ditempat dari hari Senin hingga Sabtu.

“Kalau dulu itu tutupnya sampai pukul 21.00 Wib, sekarang hanya dibuka pada hari dan jam kerja saja. Tak hanya itu, jumlah pengunjung juga dibatasi sebesar 50%. Pada kondisi seperti ini, kita sangat mengutamakan Protokol Kesehatan (Prokes) dan kebersihan ruang baca,” ungkap Finaliantry, Selasa (21/09/21) sekitar pukul 11.00 Wib di Ruang Kerjanya.

Saat itu, Finaliantry juga mengaku di masa pandemi Covid-19 ini, minat baca masyarakat sangat berkurang, ditambah lagi dengan teknologi yang semakin cangih.

“Berkurangnya minat baca mungkin disebakan para siswa belajar menggunakan Handphone (Hp). Kita benar-benar sangat merasa kehilangan suasana ruang baca yang ramai dengan anak-anak”, ujarnya.

“Perpustakaan memiliki 8 ruangan baca dan diskusi, masing-masing ruangan hanya bisa diisi 8 orang pembaca saja. Kalau sebelum pandemi kita selalu kedatangan anak-anak TK, mereka sangat antusias dengan ruangan multimedia yang biasanya digunakan untuk menonton animasi pembelajaran”. tandasnya. (FS).

Editor : Dina