Beranda Kepulauan Riau Anambas Ini Penyebab Sinyal di Anambas Lelet

Ini Penyebab Sinyal di Anambas Lelet

104
0
Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik) Anambas, Jeprizal

Anambas, GK.com – Lambatnya sinyal yang terjadi di Anambas saat ini, disebabkan oleh kabel bawah laut yang putus karena terkena jalur lalu lintas kapal.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik) Anambas, Jeprizal kepada Awak Media ini, Rabu (15/09/2021) di sela-sela kegiatannya.

“Memang benar, ada kabel bawah laut yang putus di Palapa Ring Barat, wilayah Batam-Tarempa sepanjang 12 kilometer karena kapal, sehingga hal inilah yang menjadi penyebab jaringan di Anambas terganggu sementara,” jelasnya.

“Tapi untungnya tidak dua jalur yang putus, hanya satu jalur saja, apabila dua-duanya putus, maka akan terjadi hal seperti beberapa bulan yang lalu, yakni di Anambas tak ada sinyal sama sekali,” lanjut Jeprizal menjelaskan.

“Meskipun terjadi masalah di Palapa Ring Barat, akses internet masih bisa dirasakan masyarakat Anambas, namun tidak cepat seperti biasanya,” katanya.

“Saat ini pihak Palapa Ring dan Operator langsung mengambil tindakan untuk mengalihkan jaringan ke Kalimantan-Sengkawang, Sengkawang-Natuna, Natuna-Anambas, sehingga tidak menghambat telekomunikasi yang ada di Anambas,” sebut Jeprizal.

Lebih lanjut Jeprizal menjelaskan, pengerjaan untuk memperbaiki kabel bawah laut yang putus ini diperlukan waktu sekitar 21 hingga 30 hari, dan saat ini pihak Palapa Ring sedang mencari titik lokasi putusnya kabel sepanjang 12 kilometer, serta menyelidiki kapal apa yang membuat kabel bawah laut tersebut putus.

“Saya berharap agar kondisi ini cepat selesai ditangani”. harapnya. (FR).