Beranda Kepulauan Riau Anambas Maraknya Pelecehan Terhadap Anak, KPPAD Anambas Berupaya Lakukan Sosialisasi

Maraknya Pelecehan Terhadap Anak, KPPAD Anambas Berupaya Lakukan Sosialisasi

95
0
Kepala KPPAD Anambas, Ronal

Anambas, GK.com – Kasus pelecehan terhadap anak kini marak terjadi di Indonesia, beberapa bulan lalu kejadian itu juga terjadi di Anambas.

Untuk meminimalisir hal itu, Kepala Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Anambas, Ronal berupaya melakukan pendekatan kepada masyarakat melalui sosialisasi.

“Kita sudah merencanakan kemarin untuk melaksanakan sosialisasi secara marathon kepada masyarakat tentang hak anak ini bersama Kasatreskrim, namun karena Covid-19, kita masih menunda dulu kegiatan inu,” ujar Ronal saat diwawancarai oleh Awak Media ini, Selasa (03/08/2021) di Ruangannya.

Ronal menuturkan kejadian kekerasan terhadap anak dipicu oleh kurangnya pemahaman dari masyarakat terkait pentingnya perlindungan kepada anak.

“Kita melihat kasus yang kemarin itu bisa terjadi karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang perlindungan anak, saya juga sering menghimbau kepada masyarakat bahwa anak itu spesial dilindungi Negara, buktinya adalah Undang-Undang terkait perlindungan anak sudah 3 kali berubah, dan ancamannya juga tidak main-main,” tuturnya.

Kemudian Dirinya juga menjelaskan, saat ini kendala yang dialami oleh KPPAD Anambas yaitu kurangnya ruang untuk edukasi kepada masyarakat.

“Saya juga sering meminta kepada Kepala Desa di Anambas untuk memberikan ruang kepada kami, agar kami bisa bergerak mengedukasi masyarakat,” jelas Ronal.

“Lalu, kendala kita juga ada pada masyarakat, masyarakat masih kurang peka terkait adanya kejanggalan dari pelaku kepada korbannya. Modus pelaku pasti berbeda-beda, namun tetap terlihat ada hal yang mengganjal dari pelaku sebelum melancarkan aksinya”. lanjutnya.

Terakhir, Ronal berpesan kepada masyarakat untuk segera melaporkan apabila ada melihat indikasi-indikasi perlakuan kekerasan terhadap anak-anak. (FR).

Editor : Dina