Beranda Kepulauan Riau Anambas Pelaku UMKM Anambas Bisa Ajukan Pinjaman Hingga 45 Juta

Pelaku UMKM Anambas Bisa Ajukan Pinjaman Hingga 45 Juta

67
0

Anambas, GK.com – Bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), kini bisa mengajukan pinjaman dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUMPP) Anambas.

Kepala DKUMPP Anambas Usman mengatakan, pada Tahun 2021 ini, DKUMPP Anambas memiliki dana bergulir yang bisa dipinjamkan kepada para pelaku usaha di KKA.

“Tapi jika dana bergulir pada tahun ini sudah dapat, maka ditahun depan tidak bisa mengikuti lagi, harus menunggu gilirannya,” ujar Usman, Kamis (10/06) di Ruangannya.

Dirinya menjelaskan, pelaku Usaha bisa mengajukan jika telah memenuhi persyaratan dengan maksimal pinjaman sebanyak 45 Juta. Dan Persyaratannya mudah, hanya fotocopy KTP Suami Istri, fotocopy Kartu Keluarga, Surat Izin Usaha dari Kecamatan atau Desa, foto usaha, dan disertakan jaminannya bisa berupa Surat Tanah ataupun Surat Rumah.

“Adapun masa pengembalian uang itu adalah 3 tahun dan jumlah pinjamannya disesuaikan dengan harga jaminan yang dijaminkan, jika ingin mengajukan pinjaman maksimal, maka kita akan survei tempat usahanya dulu. Jika usahanya besar dan syarat-syaratnya sudah lengkap, maka bisa kita cairkan, hal ini sesuai dengan Peraturan Bupati,” terangnya.

Kemudian Usman juga menyebutkan, bagi pelaku usaha yang berada di Pulau, DKUMPP memiliki tim pendamping yang bisa membantu para pelaku usaha yang ada disana untuk mengajukan pinjaman.

“Tak hanya itu, nantinya Tim pendamping ini akan membantu pelaku usaha yang ada disana dalam membayar cicilan, karena ATM disana itu letaknya jauh,” sebutnya.

Dirinya menuturkan, dana bergilir ini juga tak selalu ada, sebab anggaran untuk dana bergilir tersebut tak banyak.

“Tahun ini kita dapat 1 Milliar untuk dana bergulir, dan partisipasi para pelaku usaha juga cukup banyak, jadi selama anggarannya masih ada, maka pelaku usaha masih bisa mengajukan pinjaman tersebut”. pungkasnya. (FR).

Editor : Dina