Beranda Kepulauan Riau Karimun Pemuda Parit Benut 2 Tetap Lestarikan Lampu Colok

Pemuda Parit Benut 2 Tetap Lestarikan Lampu Colok

34
0

Karimun, GK.com – Pemuda Desa Parit Benut 2, Kecamatan Meral berupaya mendorong agar tidak menghilangkan tradisi Lampu Colok melayu yang biasanya dibuat 1 tahun sekali sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan. Namun tahun ini hanya dibuat dengan sangat sederhana, mengingat saat ini berada pada masa pandemi Covid-19.

Kepada Media ini, Ketua pemuda Desa Parit Benut 2, Arifin mengatakan bahwa, pembuatan lampu colok yang sederhana ini dalam rangka mengingatkan para generasi muda agar senatiasa mengingat momen yang biasa dilakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

“Saya berharap ini tidak akan hilang dan akan membuat suasana di Hari Raya Idul Fitri bisa lebih dirasakan, meskipun dengan dana atau modal seadanya,” ungkap Arifin, Sabtu (8/5) malam di Balai Pemuda Parit Benut.

Dijelaskan Arifin saat itu, bahan untuk pembuatan Lampu Colok tersebut menggunakan bahan bakar minyak solar dan bambu serta kawat–kawat kecil.

“Kami tetap mengawasi agar tidak ada keramaian ketika lampu colok dihidupkan, dan lampu akan hidup sampai pukul 10 malam saja,” ujarnya.

Arifin juga berharap, agar masyarakat tidak lupa akan tradisi setiap tahun di Kabupaten Karimun, yang mana Lampu Colok ini merupakan salah satu tradisi di Bulan Suci Ramadhan.

“Kita juga berharap agar lampu colok ini selalu dilesatrikan dan jangan sampai anak muda sekarang tidak tau apa itu Lampu Colok”. harapnya. (Fit).

Editor : Dina