Jumat, April 19, 2024
spot_img

Sebentar Lagi Tes Covid-19 di Karimun menggunakan GeNose

Karimun, GK.com – Kabupaten Karimun saat ini tengah melakukan tes Covid-19 dengan menggunakan sebuah alat yang dikenal dengan sebutan GeNose.

GeNose merupakan alat hasil karya putra-putri lndonesia yang dikembangkan oleh Prof Eng Kuwat Triyana bersama tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Cara menggunakan Alat GeNose ini dengan menghembuskan nafas seseorang ke sebuah tabung khusus, lalu sensor-sensor dalam tabung mendeteksi VoC, selanjutnya data yang diperoleh dari hembusan nafas tadi secara langsung diolah dengan bantuan kecerdasan pembuatan hingga bisa diketahui hasilnya apakah terdeteksi Covid-19 atau tidak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi menjelaskan, GeNose ini sudah mulai digunakan di Kota Batam, yaitu di Bandara Hang Nadim dan fasilitas publik lainnya di wilayah Indonesia.

“Kita memang ingin memesan alat GeNose ini, cuma memang waktu tunggunya sekitar 2 bulanan. Dan saat ini kita juga sudah lakukan negoisasi untuk memesan alat buatan Indonesia ini,” ujar Rachmadi, Rabu (21/04).

“Saya sudah perintahkan kepada teman-teman di bagian pengadaan untuk memesankannya”. kata Rachmadi.

Rencananya, GeNose tersebut akan ditempatkan di fasilitas umum yang ada di Karimun, seperti di rumah sakit maupun di Pelabuhan. (jey).

Editor : Febri

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles