Beranda Kepulauan Riau Anambas Kebutuhan Air Bersih Untuk Masyarakat, Aman

Kebutuhan Air Bersih Untuk Masyarakat, Aman

37
0

Anambas, GK.com – Saat ini Anambas sudah memasuki musim kemarau, namun stok air bersih untuk masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) masih tercukupi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) KKA, Andyguna K Hasibuan mengatakan kepada Awak Media ini bahwa untuk kebutuhan air bersih di Kecamatan Siantan, pihaknya akan menjamin kecukupannya kepada masyarakat.

“Ada dua sumber air yang sudah kita optimalisasi, satu di Embung Gunung Lintang, dan satu lagi di Intake Gunung Sawah. Hari ini kita sedang berupaya mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Andyguna, Rabu (14/04) di Ruangannya.

Dirinya juga mengatakan saat ini debit air dari Embung Gunung Lintang sudah mengalami penyusutan dikarenakan tidak turun hujan.

“Kemarin sempat tidak turun hujan selama sebulan full, dan itu menyebabkan debit air di Embung Gunung Lintang mengalami penyusutan sebesar 0,8 meter, tapi itu masih cukup untuk menghadapi musim kemarau ini,” ujar Andyguna.

“Jika kemungkinan terburuk dari musim kemarau ini terjadi, maka kita akan mengambil langkah seperti di Tahun 2018 lalu, yakni mengisi tanki atau tandan yang berada di pemukiman warga. Jadi nanti warga cukup mengambil air yang ada di dekat rumahnya, tapi nanti kita akan data dulu daerah mana saja yang tandannya masih layak pakai atau tidak”. tutupnya. (FR).

Editor : Febri