Beranda Kepulauan Riau Anambas Tekan Impor Pangan Dari Luar, Ini Program Dinas Pertanian Dan Pangan KKA

Tekan Impor Pangan Dari Luar, Ini Program Dinas Pertanian Dan Pangan KKA

52
0

Anambas, GK.com – Untuk meningkatkan kebutuhan pangan lokal, Dinas Pertanian, Perikanan, dan Pangan (DPPP) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) akan lakukan mandiri pangan untuk masyarakat Anambas.
Kepala Dinas PPP KKA, Effi Sjuhairi mengatakan bahwa, sekarang ini kebutuhan pangan masyarakat masih menggunakan bahan pangan dari luar (Impor), untuk itu pihaknya akan melakukan program mandiri pangan.

“Bahan pangan masyarakat kita sebagian besar masih didatangkan dari luar, dan itu terus meningkat setiap tahunnya, jadi kita akan lakukan Mandiri Pangan untuk masyarakat supaya bahan pangan dari luar bisa berkurang,” ujar Effi, saat diwawancarai oleh Awak media ini, Senin (29/03) di Kantornya.

Effi menambahkan, salah satu contoh kebutuhan pangan yang terus meningkat di Anambas yaitu daging ayam.

“Kami juga sudah mendata kebutuhan daging ayam yang diperlukan oleh masyarakat per harinya. Jadi kami berupaya untuk ternak ayam potong dan ayam petelurnya,” terangnya.
Kemudian Effi juga menuturkan bahwa, saat ini sudah ada beberapa tempat ternak ayam dan kebun cabai di Anambas.

“Untuk ayam potong dan petelur sudah ada di beberapa tempat, kebun cabai pun sudah ada, namun masih belum mencukupi untuk dijadikan mandiri pangan bagi masyarakat,” tutur Effi.

Lanjut Effi mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah sering melakukan sosialisasi untuk mengajak masyarakat agar dapat meningkatkan kebutuhan Mandiri Pangan.

“Kita sudah membentuk Balai Penyuluh di akhir tahun 2020 kemarin supaya mendampingi, serta menggalakkan program yang kita buat ini kepada masyarakat, salah satunya Family Farming atau kebun keluarga”. katanya.

Effi berharap dengan adanya program dan dilakukannya Mandiri Pangan, kebutuhan pangan lokal untuk masyarakat bisa tercukupi, sehingga bisa berkurang peningkatan penggunaan bahan pangan dari luar daerah. (FR).

Editor : Dina