Beranda Advetorial Wakil Ketua III DPRD Kepri Serta Fraksi Nasdem Hadiri Pelantikan Wako Dan...

Wakil Ketua III DPRD Kepri Serta Fraksi Nasdem Hadiri Pelantikan Wako Dan Wawako Batam

21
0
Wakil Ketua III DPRD Kepri, Fraksi Nasdem Drs. Khazalik dan Bobby Jayanto, S.IP bersama Wako dan Wawako Batam (Ist).
Wakil Ketua III DPRD Kepri, Fraksi Nasdem Drs. Khazalik dan Bobby Jayanto, S.IP bersama Wako dan Wawako Batam (Ist).

Tanjungpinang, GK.com – Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dr. Afrizal Dachlan bersama Ketua dan anggota DPRD Kepri dari Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem) Drs. Khazalik dan Bobby Jayanto, S.IP  menghadiri pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam,  Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad, Senin (15/03) pagi, di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Untuk diketahui, pelantikan Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad yang dilantik langsung oleh Gubrnur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad masa jabatan 2021-2024 berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.21-466 Tahun 2021, Tanggal 12 Maret 2021 tentang perubahan kedua Atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.21-285 Tahun 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten dan Kota pada Provinsi Kepulauan Riau.

Gubernur Kepri saat melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam. (Ist).

Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad pada kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Muhammad Rudi dan Amsakar Ahmad sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam.

Ia pun berpesan, pada periode kedua kepemimpinan ini agar dapat memperhatikan pembangunan di kawasan pulau-pulau dan Hinterland, pembangunan perekonomian, serta kemasyarakatan.

“Kita ketahui bersama, ada dua sumber anggaran yang cukup besar yang menopang Batam. Yang pertama APBD dan yang kedua anggaran Badan Pengusahaan (BP) Batam. Karena itu, Wali Kota kita minta tidak hanya konsen pada pembangunan di kawasan Mainland saja, tetapi juga Hinterland,” ucapnya.

Wakil Ketua III DPRD Kepri, dr. Afrizal Dachlan saat menghadiri pelantikan Wako dan Wawako Batam (Ist).

“APBD Kota Batam ada sebesar Rp 2,7 triliun. Sementara anggaran BP Batam Tahun 2021 berjumlah Rp 2 triliun. Dengan total anggaran Rp 4,7 triliun, yang jauh lebih besar dari pada APBD Provinsi Kepri, Batam diharapkan tidak terlalu banyak minta alokasi anggaran ke Pemprov Kepri,” tegas Ansar Ahmad.

“Pemprov Kepri harus konsentrasi ikut memikirkan program pembangunan di tujuh Kabupaten/Kota. Dengan total APBD Kepri tahun 2021 sebesar Rp 3,986 triliun, diharapkan Batam tidak meminta porsi anggaran yang besar dari Pemprov Kepri,” ujarnya.

Wakil Ketua III DPRD Kepri, dr. Afrizal Dachlan bersama tamu undangan lainnya. (Ist).

Selain itu, Ansar juga mengingatkan kembali bahwa dalam situasi pandemi COVID-19 ini, dikarenakan adanya keterbatasan antara kemampuan fiskal dengan tuntutan kebutuhan pembangunan, maka dirinya harapkan agar bersama-sama dapat menerapkan prinsip-prinsip tight money policy .

“Lakukan kebijakan pengetatan ikat pinggang dengan penghematan belanja dan pemilihan kegiatan prioritas utama kepada masyarakat dalam mengatasi persoalan masyarakat dimasa pandemi COVID-19 ini, baik permasalahan kesehatan, ekonomi, sosial, pendidikan dan permasalahan-permasalahan lainnya,” pungkasnya.

Berfoto bersama. (Ist).

Sementara itu, usai menghadiri acara pelantikan tersebut, disela-sela acara, Wakil Ketua III DPRD Kepri, dr. Afrizal Dachlan mengucapkan selamat kepada Muhammad Rudi dan Amsakar Ahmad atas pelantikan Dirinya bersama Wakilnya.

“Selamat bekerja saya ucapkan kepada Bapak Muhammad Rudi dan Bapak Amsakar Ahmad, semoga kedepannya, Batam akan menjadi lebih baik lagi”. harapnya. (QQ).